Dalam Balutan Baju Kerawang Gayo, Bupati-Wabup Ikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-75 Secara Virtual

47

Takengon – Dalam balutan busana Kerawang Gayo, lengkap dengan bulang pengkah (destar), ketawak dan bawar, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dan Wakil Bupati H. Firdaus, SKM mengikuti pelaksanaan Upacara Virtual Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, Senin (17/08).

Dari Istana Merdeka Jakarta, terlihat di layar Video Konferensi, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara memakai pakaian adat Timur Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tidak hanya presiden, tamu undangan di Istana Merdeka dan peserta upacara virtual lainnya juga mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah.

Terlihat, pilihan warna dan ornamen baju kerawang Gayo yang dikenakan Bupati dan Wakil Bupati pada kesempatan itu berwarna dasar kuning emas.

Dimana, dalam filosofis budaya Gayo, warna kuning memiliki makna “musuket sipet” yang menyimbolkan kepemimpinan atau sifat penuh pertimbangan yang menjadi karakter kearifan seorang raja dalam melindungi rakyatnya.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar menyampaikan bahwa dirinya bersama Wakilnya sengaja memakai baju Kerawang Gayo (warna kuning) sebagai sebuah kebanggaan tersendiri, dan penegas identitas Suku Gayo untuk ditampilkan melalui upacara virtual yang dapat dilihat oleh siapa saja yang terhubung dalam jaringan.

Menurutnya, kesempatan upacara sedemikian dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan lebih luas kerawang Gayo ke seantero nusantara.

“Upacara ini tersambung ke seluruh Indonesia. Momen ini kita jadikan kesempatan untuk mempopulerkan Baju dan Ukiran Kerawang Gayo bagi saudara-saudara kita se tanah air” kata Shabela.

Apalagi lanjutnya, saat ini produk Kerawang Gayo sedang digencarkan promosinya, bahkan menjadi salah satu nomonasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk Katagori Destinasi Belanja Populer.

Untuk itu lanjutnya, upaya demi kesohoran Kerawang Gayo, terus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama unsur pemerintah di daerah ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tengah mengajak seluruh warga masyarakat dan rakyat Indonesia untuk memberikan dukungan terhadap Kampung Kerawang Gayo Bebesen sebagai Destinasi Wisata Populer di ajang API Award 2020.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Gayo. Sembari menikmati wisata alam, kuliner dan kopinya. Jangan lupa belanja Kerawang Gayo” ajak Shabela.

“Ayo dukung terus Kampung Kerawang Gayo Bebesen untuk terpilih sebagai pemenang katagori Destinasi Belanja Terpopuler di ajang API Award 2020” Pungkasnya.

Sekedar diketahui, upacara virtual detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Aceh Tengah digelar di Gedung Oproom Kantor Bupati setempat dengan turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah. (IMH/ Humas)

Catatan:
Referensi Tulisan terkait Filosofis Kerawang Gayo, dikutip dari Jurnal Ekspresi Seni Vol. 15 No. 1, Juni 2013.