Dalam Balutan Upuh Ulen-Ulen, Susi Pudjiastuti Buka Pawai Budaya Memeriahkan HUT Kota Takengon Ke-443

52

Takengon – Dalam balutan upuh ulen-ulen, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jilid-I, Susi Pudjiastuti mengangkat bendera start menandai dimulainya Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon Ke-443 di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Selasa (18/02).

Kemeriahan acara pawai budaya tahun ini di awali dengan penyambutan kehadiran Ibu Susi dengan tarian guel, terlihat ibu Susi ikut berlenggok mengikuti irama gegedem, canang, dan gong (alat musik dari Gayo_red).

Suasana bertambah meriah ketika upuh ulen-ulen di sematkan di bahu beliau, tanpa canggung ibu Susi ikut menari mengayun bahu dan jari, serta sesekali menghentak kaki dan mengibaskan kain upuh ulen-ulen bak “Sengeda menggiring Gajah Putih” menambah gemuruh tepukan hadirin yang menyaksikan acara tersebut.

Sebelum mengangkat bendera penanda pelepasan peserta pawai, Ibu Susi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Aceh Tengah karena telah memberikan kemuliaan kepada beliau untuk ikut bersama-sama menyaksikan keindahan budaya melalui karnaval budaya ini.

“Indonesia memang kaya dengan ragam dan budaya, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati karena telah berkenan mengundang saya menyaksikan keindahan budaya tarian guel, yang kata Bapak Bupati adalah berkisah tentang Gajah Putih. Semalam Bapak Bupati banyak bercerita tentang upaya penegerian Universitas Gajah Putih, dan Insya Allah saya akan ikut membantu mewujudkan Universitas Gajah Putih sebagai universitas neger” kata Susi.

“Sebenarnya acara-acara seperti ini adalah acara untuk menghadirkan wisatawan, karena Indonesia begitu kaya, dan tidak banyak negara-negara di dunia ini memiliki khasanah budaya seperti Indonesia. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Acara Pawai Budaya dinyatakan dibuka”, tambah susi sambil mengangkat bendera start.

Ibu Susi terlihat santai berbincang – bincang akrab dengan Ibu Ketua PKK Aceh Tengah, Puan Ratna sembari menyaksikan iringan peserta karnaval yang dilakukan oleh murid dan siswa sekolah di Kabupaten Aceh Tengah.

Bahkan pada saat iringan salah satu sekolah dasar berlalu di depan podium utama, Ibu Susi menyempatkan diri untuk berfoto dengan patung Gajah Putih yang ikut ditampilkan pada pawai yang dibawa SDN 1 Bebesen.

Sebagai ikatan tali silaturrahmi, Bupati Aceh Tengah memberikan plakat sebagai cendera mata kenang-kenangan, bahwa ibu Susi pernah berkunjung ke ‘Negeri Di Atas Awan’. (IMH/Humas).