Dapur Sehat Atasi Stunting, Pj. Bupati: Upaya Penurunan Angka Stunting di Aceh Tengah

221

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, menghadiri kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung Keluarga Sehat Berkualitas Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023, bertempat di aula P2TP2A Dinas KBP3A Kabupaten Aceh Tengah, Senin (18/09/2023).

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan, rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya mewujudkan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Seperti yang ketahui bersama, stunting merupakan masalah serius yang memengaruhi perkembangan fisik dan mental anak-anak. Bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga masalah pembangunan yang dapat berdampak jangka panjang terhadap generasi bangsa dan masa depan Aceh Tengah.

“pertama saya ingin mengucapkan apresiasi yang tinggi dan dukungan atas terlaksananya Dapur Sehat Atasi Stunting yang diadakan oleh Dinas KBP3A Aceh Tengah,” ucap Mirzuan.

“program ini ialah program yang dapat menjadi salah satu upaya kongkret, yang dapat kita lakukan bersama dalam mengatasi dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) tidak hanya tentang memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak stunting, tetapi juga tentang memberikan pendidikan dan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya gizi seimbang dalam pertumbuhan anak-anak.

“melalui DASHAT, kita akan meningkatkan akses masyarakat terhadap makanan bergizi, memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita, serta memberikan pendampingan kepada ibu-ibu muda dalam merawat anak-anak mereka dengan baik,” kata Mirzuan.

Dalam kegiatan DASHAT ini, akan dilakukan pembelajaran bersama tentang pentingnya gizi seimbang dan asupan makanan yang sehat untuk anak-anak dan mendapatkan panduan praktis tentang bagaimana mempersiapkan makanan sehat dan lezat bagi keluarga.

“semua ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam upaya kita untuk mengatasi masalah stunting, saya berharap kegiatan ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat kita,” ujar Mirzuan.

Sebagai penutup Mirzuan mengajak untuk terus bekerja sama dengan sektor-sektor terkait lainnya, seperti pendidikan dan kesehatan, untuk memastikan bahwa anak-anak stunting memiliki akses terbaik untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

“mari kita semua berkomitmen untuk terus bekerja bersama-sama dalam upaya mengatasi stunting dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak kita di Aceh Tengah,” tambahnya.

“untuk itu, saya mengajak semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah, Perangkat Desa, tokoh masyarakat, hingga seluruh warga Aceh Tengah, untuk bersatu dalam mendukung program DASHAT ini, mari bersama-sama memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan masa depan yang lebih baik.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X