Di Pameran Kriyanusa, Dekranasda Aceh Tengah Tampilkan Kerawang Gayo

82

Jakarta – Kerawang Gayo menjadi andalan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Tengah pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) yang digelar di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Pameran Kriyanusa ini diikuti sejumlah dekranasda dari berbagai daerah di Indonesia dan dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Rabu (11/9/2019).

Pameran Kriyanusa merupakan pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) setiap tahunnya. Kali ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 15 September 2019.

Pada even tersebut, Aceh Tengah menampilkan berbagai kerajinan daerah, seperti pakaian kerawang Gayo, tas kerawang, peci kerawang dan sejumlah hasil kerajinan lainnya.

Usai dibuka stand Aceh Tengah turut dikunjungi Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan RI, Ari Satria dan seorang desainer, Pinto.

Pinto mengapresiasi hasil kerajinan daerah yang disuguhkan pada pameran Kriyanusa kali ini.

“Kerajinan yang di tampilkan Aceh Tengah dalam pameran ini sudah bagus, namun perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan permintaan pasar,” ujar Pinto.

Sementara Ketua Dekranasda Aceh Tengah, Puan Ratna mengatakan kegiatan itu untuk mempromosikan hasil kerajinan daerah ke masyarakat luas.

“Kita terus berupaya mengenalkan potensi daerah yang kita miliki, meski kerawang Gayo sudah dikenal banyak kalangan, namun tetap harus kita promosikan lewat berbagai even,” ujar Puan Ratna yang juga Ketua PKK Aceh Tengah.

Lain itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Harun Manzola mengatakan, kegiatan tersebut menjadi momen untuk meningkatkan pemasaran produk kerajinan yang dimiliki Aceh Tengah.

“Pada ajang ini, kita membawa beberapa produk kerajinan ciri khas dari Kabupaten Aceh Tengah, seperti kain kerawang Gayo, agar meningkatkan nilai jual,” katanya. (Jef/Mik)