Di Paya Dedep, Dinas Dukcapil Layani Perekaman KTP Dari Pagi Hingga Menjelang Maghrib

23

Takengon – Antusias warga terlihat saat Dinas Dukcapil Aceh Tengah melakukan pelayanan keliling di Kampung Paya Dedep Kecamatan Jagong Jeget, Kamis lalu.

Petugas Dinas Dukcapil datang diawal pagi dan baru selesai hingga menjelang Maghrib yang didominasi pelayanan perekaman KTP elektronik.

“Petugas melakukan perekaman KTP hampir 100 warga, dan jumlah ini diluar dugaan  kami, karena alat rekam yang dibawa hanya satu set,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Minggu (08/03/2020)

Besarnya antusias warga tersebut direspon oleh Dinas Dukcapil dengan memaksimalkan peralatan yang dibawa agar seluruh warga dapat terlayani.

“Setidaknya kami akan melakukan pelayanan di Jagong selama 2 atau 3 kali lagi dalam bulan Maret ini,” sebut Mustafa.

Menyatukan pelayanan diantara kampung yang berdekatan merupakan strategi agar pelayanan yang diberikan lebih efektif dan efisien, namun jika ada warga dari kampung lain yang ingin berurusan tetap dilayani.

Reje (Kepala Kampung) Paya Dedep, Hadi Wibowo terlihat setia menunggu pelayanan berlangsung dari awal hingga antrian terakhir.

Menurut Hadi kegiatan pelayanan keliling dari Dinas Dukcapil sangat membantu warganya yang relatif jauh dari Takengon.

“Sungguh sangat membantu kami dan kalau bisa dapat dilakukan secara rutin, sehingga dokumen kependudukan warga lebih lengkap dan rapi,” harapnya. (*)