Dinas Dukcapil Aceh Tengah Targetkan Sejumlah Peningkatan Pelayanan

20

Takengon – Dinas Dukcapil Aceh Tengah menargetkan sejumlah peningkatan pelayanan administrasi kependudukan di tahun 2020.

Pembenahan kantor dengan perluasan ruang tunggu dan toilet yang lebih representatif tetap menjadi fokus utama, didukung dengan sarana ruang laktasi, dan tempat bermain anak.

Selain berupa bangunan fisik, Dinas Dukcapil juga akan berupaya menciptakan sistem aplikasi pendaftaran online yang diharap semakin memudahkan urusan masyarakat.

“Melalui aplikasi nanti masyarakat hanya perlu mengunggah berkas yang dipersyaratkan dan datang ke kantor setelah menerima notifikasi untuk mengambil dokumen, sehingga begitu mudah dan cepat,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Senin (03/02/2020).

Selain membuat aplikasi, Dinas Dukcapil juga tetap akan melakukan pelayanan keliling dengan intensitas yang lebih banyak dan jadwal yang jelas, serta pelayanan bagi penduduk rentan.

“Nanti jadwal pelayanan keliling juga akan kita publikasikan sebelumnya, sehingga masyarakat yang kampungnya berdekatan juga bisa memanfaatkan layanan yang kita berikan,” ujar Mustafa.

Upaya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, seperti Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan untuk pelaporan kelahiran dan kematian juga akan direalisasikan. Termasuk kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dalam penerbitan dokumen kependudukan bagi pasangan yang baru menikah.

Target perekaman KTP dan mengoptimalkan cakupan akte kelahiran juga menjadi fokus kinerja yang akan dicapai hingga akhir 2020 nanti.

“Banyak rencana yang akan dilakukan dan seluruh ASN Dinas Dukcapil siap mewujudkannya, namun kami juga selalu terbuka dengan berbagai masukan dari masyarakat untuk pembenahan pelayanan yang lebih baik,” demikian Mustafa. (*)