Diresmikan Presiden Jokowi, Terminal Paya Ilang Takengon Diharapkan Dapat Meningkatkan Konektifitas Antar Daerah dan Mendukung Mobilitas Masyarakat

214

Salatiga – Terminal Paya Ilang Tipe A Takengon kebanggaan masyarakat Aceh Tengah telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Peresmian digelar di Terminal Tingkir Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah, Rabu Sore (13/12/2023).

Ditandai dengan penekanan tombol klakson sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi menjadi tanda secara resmi Terminal Paya Ilang beroperasi. Selain Terminal Paya Ilang, Presiden Jokowi juga meresmikan dua terminal lainnya yakni Terminal Tipe A Tingkir Kota Salatiga dan Terminal Anak Air Kota Padang.

Peresmian Terminal Paya Ilang Takengon ini dilakukan Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jendral Agus Subianto, SE, M.Si, Wali Kota Salatiga Yasip Khasani dan dihadiri langsung Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T.Mirzuan, MT.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi berharap, ketiga terminal di Kabupaten Aceh Tengah, Kota Salatiga dan Kota Padang yang diresmikan sore ini dapat menjadi penghubung transportasi umum antar daerah dan mendukung mobilitas masyarakat.

“Harapan Kami, Pembangunan sarana dan prasarana transportasi menjadi penting untuk meningkatkan konektifitas antar kota dan daerah, dan mendukung mobilitas masyarakat”, Kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Ketiga terminal yang diresmikan telah dilengkapi sarana prasarana fasilitas pendukung dirasa sangat penting dalam mengantisipasi dan menghadapi lonjakan penumpang terutama diarus mudik hari raya Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya.

“Sarana prasarana akan mendukung kenyamanan pengguna transportasi darat, dan sapras tranportasi semakin dirasakan pentingnya terutama saat terjadi lonjakan penumpang seperti saat libur hari raya dan libur akhir tahun”, Ujar Presiden Jokowi.

Dijelaskan Presiden Jokowi, bahwa Terminal Paya Ilang Takengon dibangun dengan menghabiskan anggaran revitalisasi mencapai Rp. 22 Miliyar, melayani Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 91 Bis per-hari.

Dalam kesempatan terpisah, Pj. Bupati Aceh Tengah berharap Terminal Paya Ilang dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat Aceh khususnya Aceh Tengah. “Alhamdulillah suatu kebanggaan bagi kita Terminal Paya Ilang telah diresmikan langsung oleh bapak presiden, mudah-mudahan terminal ini dapat memudahkan mobilisasi antar daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Tengah khususnya”, harapnya.

Sebagai informasi, Terminal Paya Ilang yang berlokasi di Kampung Lemah Burbana, Bebesan, Aceh Tengah, sudah dioperasikan sejak 7 Januari 2022. Terminal sudah sesungguhnya beroperasi sejak 2011 ini memiliki konsep terminal terpadu yang memadukan terminal bagi AKAP dan AKDP.

“Terminal Paya Ilang beroperasi penuh setelah direvitalisasi, fasilitas sapras pelayanan sangat baik memenuhi standar pelayanan publik dan ini harus kita jaga bersama”, jelas Pj. Bupati T. Mirzuan.

Setelah peralihan pengelolaan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan Aceh Tengah ke Kementerian Perhubungan pada 11 Februari 2022, fasad atau tampilan wajah bangunan terminal berubah menjadi ikon baru Kota Takengon. Selain itu, kini tersedia pula fasilitas loket terpadu, loket ekspedisi, ruang ibadah, ruang ibu dan anak, parkiran umum dan bis, ruang menyusui/laktasi, serta UMKM hingga toilet dan ruang tunggu yang sangat aman dan nyaman. (RH/ProkopimAT)

X