Disdukcapil Sosialisasi Adminduk bagi Petugas Registrasi di Kecamatan Silih Nara

30

Takengon – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Administrasi Kependudukan (Adminduk) diperlukan upaya serius dan berkelanjutan, diantaranya adalah melalui sosialisasi kepada Petugas Registrasi Kampung (PRK).

Seperti yang dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah di Kecamatan Silih Nara, Sabtu (30/07/2022) yang diikuti oleh petugas registrasi dari 18 Kampung.

“Di Silih Nara ada 33 kampung dan sosialisasi kali ini diikuti oleh petugas registrasi dari 18 kampung, sementara kampung yang lain sudah terlebih dahulu mendapatkan sosialisasi,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Disdukcapil tidak hanya berupa update informasi terkini tentang administrasi kependudukan, tapi juga diselingi dengan kegiatan diskusi membahas permasalahan yang dialami oleh petugas registrasi maupun masyarakat.

Selain itu, petugas registrasi juga mendapatkan pembekalan teknis tata cara melakukan pendaftaran online untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan penerbitan atau perbaikan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Peran strategis petugas registrasi dalam melaporkan kematian warga juga ikut dibahas hingga tata cara pengisian Buku Pokok Pemakaman untuk mewujudkan data masyarakat yang valid dan reliabel. Pada akhirnya kampung-kampung yang telah mampu mamfasilitasi pelayanan Adminduk akan menuju Kampung Sadar Adminduk (Kaminduk).

“Petugas Registrasi Kampung punya peran yang sangat besar untuk memberikan pemahaman hingga memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan”, ujar Mustafa.

Manfaat besar dari kegiatan sosialisasi diakui seorang peserta, Insan Jamil yang sehari-hari bertugas sebagai Banta (Sekretaris) Kampung Pepayungen Angkup. Insan mengungkapkan rasa bahagia dan meyakinkan bahwa sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat.

“Kami yakin masyarakat akan sangat terbantu jika kami bisa memfasilitasi pengurusan dan dapat mencetak langsung Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran di Kampung, urusannya jadi lebih cepat dan singkat,” katanya.

Sosialisasi Adminduk di Kecamatan Silih Nara berlangsung sehari dengan narasumber Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Anhar dan pemateri teknis pendaftaran online, Musliman.

Menyadari pentingnya peran Petugas Registrasi dalam mencapai target-target Adminduk, pihak Disdukcapil gencar melakukan sosialisasi baik secara kolektif, maupun mendatangi satu persatu kampung, berikutnya pada Kamis (04/08/2022) mendatang Disdukcapil akan melakukan sosialisasi di Kecamatan Linge. (*)