Disparpora Aceh Tengah Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara

15

Takengon – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah melakukan seleksi pertukaran Pemuda Antar Negara di hotel Linge Land, Rabu (27/3).

Sebanyak 30 pemuda yang berasal dari 14 kecamatan di daerah itu bersaing ketat untuk lolos di tingkat Provinsi Aceh yang akan berlangsung beberapa hari kedepan.

Plt Disparpora Kabupaten Aceh Tengah Jumadil Enka mengatakan, seleksi meliputi tes wawasan kebangsaan, keterampilan, kemampuan berbahasa Inggris yang berlangsung selama satu hari.

“Peserta yang lolos akan diseleksi kembali di tingkat Provinsi Aceh, jika lolos di provinsi dilanjutkan ditingkat nasional,” ujar Jumadil.

Sementara Sekda Aceh Tengah, Karimansyah ketika membuka kegiatan menyebutkan, seleksi pertukaran pemuda antar negara merupakan wujud dukungan Pemkab Aceh Tengah untuk melahirkan generasi muda yang cerdas.

“Kami harapkan melalui kegiatan ini generasi muda dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan, sehingga menjadi generasi yang tangguh, hebat dan dapat mengharumkan nama daerah,” katanya.

Diketahui tahun 2015 dan 2017 lalu, Pemuda asal Aceh Tengah berhasil mewakili Provinsi Aceh dalam rangka pertukaran pemuda antar negara.

“Seleksi harus dilakukan dengan objektif sehingga pemuda terbaik yang dikirim. Kita ingin mengulang sukses seperti beberapa tahun lalu, ada pemuda kita yang mewakili Aceh ke Tiongkok dan Singapura,” tambah Karimansyah. [Gus/Ali]