Evaluasi Capaian Kerja, Bupati Kumpulkan Kepala OPD

151

Takengon – Bupati Aceh Tengah kumpulkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Aceh Tengah, dalam gelaran monitoring evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan 2020-2021, rapat terbatas tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Shabela Abubakar, dan berlangsung di ruang kerja Bupati, pada Selasa 26 Januari lalu.

Membuka rapat tersebut Bupati terlebih dahulu menyampaikan, berkenaan dengan terjadinya Gempa belum lama ini di Majene dan Mamuju Sulawesi Barat, Bupati mengatakan turut berduka atas Gempa bermagnitudo 6,2 Jumat dinihari 15 Januari 2021 lalu tersebut.

“Sebagai bentuk kepedulian sesama anak bangsa mari kita mendoakan keluarga dan saudara kita yang terkena bencana, dan mari kita bersama meberikan bantuan agar natinya dapat meringankan beban mereka, sebagaimana dulu mereka juga pernah membantu kita ketika bencana,” tutur Shabela.

Dalam rapat dadakan yang dihadiri oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli, dan Tenaga Ahli Bupati ini, Kepala Daerah juga mengingatkan pada para kepala OPD agar terus memantau kelancaran seluruh kegiatan dan segera melaksanakan program kerja yang telah disusun sebelumnya.

“Saat ini telah memasuki tahun ketiga dari lima tahun masa kepemimpinan kami, untuk itu kami meminta saudara-saudara, agar bekerja lebih optimal dalam menjalankan semua program kegiatan, terutama saat ini untuk membuka akses jalan di Kampung Kuyun, Kecamatan Celala yang rencananya akan diperuntukkan sebagai lahan pengolahan Sampah,” ujar Bupati.

Bupati juga mengigatkan, dalam perayaan HUT Kota Takengon yang diperingati tidak lama lagi, Bupati berkeinginan agar dilakukan Gotong Royong untuk membersihkan Danau Lut Tawar dari Gulma dan Sampah di permukaannya.

“Masukkan dalam salah satu Agenda Hut Kota Takengon untuk melaksanakan Gotong Royong di Danau Lut Tawar, sampah dan eceng gondok perlu diangkat, untuk Dinas Lingkungan Hidup lanjutkan Cek Lap mengukur tingkat kadar pencemaran Air Danau karena timbunan sampah di dasar Danau,” Tegasnya.

“Dari hasil pantauan beberapa waktu yang lalu, untuk Danau Lut Tawar perlu ada perhatian khusus dari semua pihak, untuk Dinas Perikanan tinjau kembali aturan terkait penangkapan ikan dan indikasi adanya eksploetasi di danau itu”, Ujar Bupati langsung pada Kadis Perikanan.

Bupati juga meminta OPD terkait, seperti Dinas perhubungan, Dinas perizinan dan Penanaman Modal, para Camat dan seluruh OPD lainnya untuk berperan aktif mewujudkannya.

“saya ingin kawasan tertib lalu lintas terus di pantau, jangan lagi ada parkir sembarangan, untuk di Mendale perlu ada Marka Kejut, karena rawan sekali kecelakaan, Perizinan tinjau kembali terkait perizinan, jangan tunggu komplik dengan Masyarakat, dan Untuk Para Camat bantu Kampung dalam menyusun ADD, agar jangan ada masalah,” tegas Bupati mengingatkat kembali.

Bupati Shabela menyampaikan rapat evaluasi kinerja itu penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan sebagai acuan untuk kelancaran tugas Pemerintahan.

“Saya ingin tekankan, kegiatan rapat seperti ini harus rutin dilaksanakan, agar informasi cepat dikoordinasikan, nantinya kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan secara maksimal”, imbunya.

Ditambahkan, selain untuk penyerapan anggaran, para kepala OPD juga mesti melakukan pengawasan lapangan secara maksimal. Agar pelaksanaan setiap kegiatan betul-betul terealisasi secara baik dan terhindar dari persoalan hukum.

“Jangan hanya melaksanakan pekerjaan, tapi tidak melaksanakan pengawasan. Akan rawan tersentuh persoalan hukum. Ini yang saya tekankan dan harus diperhatikan” tegasnya mengakhiri rapat tersebut.
(HMA/Humas)