Gelar Upacara, Para Guru Aceh Tengah, Meriahkan HGN dan HUT PGRI Ke 77

209

Takengon – HUT PGRI 2022 atau Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia tahun 2022 diperingati pada tanggal 25 November 2022, HUT PGRI diperingati bersama dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN), sebagaimana telah di tetapkan Pemerintah melalui Keputusan Presiden No 78 tahun 1994.

Dalam rangka peringatan HUT ke-77 PGRI dan HGN 2022, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah turut serta menggelar upacara bendera HGN dan Hut PGRI, di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Jum’at (25/11/2022).

Dengan mengusung tema “Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju.” Upacara yang diikuti ribuan Guru dan tenaga pendidik se Kabupaten Aceh Tengah tersebut, berlangsung lancar, tertib dan hikmat.

Bertidak selaku Pembina Upacara, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, dalam kesempatan tersebut membacakan pesan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Mendikbudristek RI), Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato sambutannya, Mendikbudristek mengungkapkan selama tiga tahun terakhir telah melepaskan jangkar dan membentangkan layar kapal berupa terobosan Merdeka Belajar. Melalui terobosan itu, berbagai rintangan mulai dari Sabang hingga Merauke telah mampu dilewati.

“Ketangguhan ini didorong karena kemauan kita untuk berubah dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang sudah tidak sesuai dengan tantangan serta kebutuhan zaman. Tentunya juga didorong oleh semangat kita menciptakan perubahan dan kebaruan,” Kata Mendikbudristek dibacakan Bupati Shabela.

Lebih lanjut disampaikan Mendikbudristek, hingga hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. “Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” Imbuhnya.

“Saya berterima kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna platform merdeka mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi,” Ujar Bupati Shabela, membacakan pesan Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Aceh Tengah didampingi seluruh jajaran Pimpinan Daerah, turut menyerahkan secara simbolis, sebidang tanah yang akan diperuntukkan sebagai gedung PGRI Aceh Tengah, pada ketua Perwakilan pengurus PGRI Aceh Tengah, dan memberikan hadiah untuk para juara pada lomba vokal grup yang digelar untuk memeriahkan peringatan HGN dan Hut PGRI ke 77 tahun ini.

Secara terpisah, Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2022, Guru Bangkit – Pulihkan Pendidikan Indonesia Kuat – Indonesia Maju.

“Terus bentangkan Layar Kapal Besar ini Tanpa Kenal Lelah, dengan Serempak dan Serentak kita Hadirkan Inovasi dan Transformasi, mewujudkan Merdeka Belajar di Seluruh Penjuru Nusantara, Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2022, Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”, Ucap Bupati Shabela Abubakar. (HMA/ProkopimAT)

X