Hadiri Pelantikan Pengurus HUDA, Bupati Shabela Titip Jaga Pilar dan Peran Ulama

157

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, hadiri Pelantikan Pengurus DPW Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Kabupaten Aceh Tengah Periode 2019-2014, yang dilaksanakan di Komplek Dayah/ Pesantren Terpadu Mi’yarul Ulum Al Aziziyah, Kampung Kuala II Bintang, Sabtu (24/01).

Tampak hadir dalam kesempatan itu Ketua MPU Kabupaten, Kepala Kantor Kemenag, para Kepala SKPK, unsur pimpinan kecamatan serta tokoh masyarakat, wali santri dan ratusan masyarakat di Kecamatan Bintang.

Acara pelantikan yang juga dihadiri dan disaksikan para Abuya, Abi, Abati, Abon atau Tengku Guru pengasuh dayah dalam Kabupaten Aceh Tengah itu, dilakukan oleh Tgk. H. Syeikh Muhajir Usman yang merupakan Wakil Ketua Pengurus Pusat HUDA yang juga adalah pimpinan Dayah Darul Huda Langsa.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam kesempatan itu menegaskan bahwa keberadaan ulama dayah merupakan dukungan kekuatan yang dapat menyatukan visi dan misi untuk memajukan pendidikan dayah di daerah ini secara bersama-sama.

Dikatakannya, eksistensi HUDA akan sangat berkontribusi dalam memperkuat akhlak generasi muda ditengah-tengah masyarakat, yang diketahui mulai tergerus perubahan zaman yang jauh dari nilai-nilai Islam dan norma adat.

“Ditengah-tengah moral generasi muda yang semakin terkikis perkembangan zaman, peran ulama dayah sangat penting dalam memperkuat akhlak generasi muda menuju nilai-nilai islami sesuai tuntunan syariat” ujar Shabela.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati Shabela berpesan kepada pengurus HUDA Kabupaten Aceh Tengah yang baru dikukuhkan, agar menjaga peran dan pilar utama para ulama yakni pewaris para nabi (menyebarkan risalah), sumber ilmu, sebagai pembimbing, pembina dan penjaga umat serta sebagai mitra konsultasi Pemerintah Daerah.

Adapun pengurus harian yang dilantik berdasarkan SK Pengurus Besar HUDA Aceh Nomor: 02/SK/MSY/I/1441, tanggal 02 Muharram 1441H atau 02 September 2019, yakni terdiri dari Ketua Umum Tgk. Syahrika A. Wahab dan Sekretaris Umum Tgk. Abdiansyah Linge, sedangkan bendahara dipercayakan kepada Tgk. Malik Husen.

Sebagaimana konfirmasi Sekretaris PP HUDA Aceh, Tgk. H. Hasbi Albayuni, pelantikan PW HUDA Aceh Tengah merupakan pengukuhan Pengurus Wilayah yang kelima belas dalam periode kepengurusan HUDA Aceh dibawah kepemimpinan Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau yang lebih akrab disapa Tu Sop Jeunib. (IMH/Humas)