Harapkan KLA Tingkat Madya, Kabupaten Aceh Tengah Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid PPPA RI

375

Takengon – Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi KLA Kabupaten Aceh Tengah.

Dihadiri secara langsung oleh, Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, beserta jajaran unsur Pimpinan Daerah dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, di Gedung Ummi Pendopo setempat, Senin (20/06/2022).

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yang mengimplementasikan pembangunan Kabupaten Layak Anak secara terintegrasi, sebagai salah satu urusan wajib pemerintah di bidang perlindungan anak dengan dukungan dari masyarakat, media, dan dunia usaha sebagai empat pilar pembangunan anak.

Bupati Shabela Abubakar menyampaikan, dengan terselenggaranya kegiatan VLH Kabupaten Layak Anak tahun 2022 ini, dapat memberikan manfaat yang besar untuk memastikan bahwa hak-hak setiap anak khususnya Anak di Kabupaten Aceh Tengah dapat terpenuhi dengan baik.

Bupati Aceh Tengah juga berharap kegiatan itu dapat menjadi acuan dalam membangun komitmen bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun kebijakan dan program kegiatan uang lebih berpihak dan memberikan perhatian pada Anak.

Sehingga kedepannya dapat mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Aceh Tengah melalui koordinasi dan sinkronisasi program serta kegiatan Kabupaten Layak Anak.

“Semoga Verifikasi Lapangan Hybrid KLA tahun 2022 ini dapat memberikan hasil yang terbaik dan meningkat, dan Kabupaten Aceh Tengah kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat madya,” Ujar Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar, saat memberikan sambutan Verifikasi Lapangan Hybrid  dihadapan Tim Verifikasi KLA PPPA RI.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, Kabupaten Layak Anak merupakan Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada Kepala Daerah atas prestasi dan kontribusi dalam mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan untuk semua anak.

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya VLH Kabupaten Layak Anak oleh Tim Independen bersama Tim Asisten Deputi Kementerian PPPA RI.

“Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mendukung komitmen pemerintah daerah dalam upaya pengembangan Kabupaten Layak Anak. Serta meningkatkan koordinasi semua pihak dalam upaya pemenuhan hak anak serta perlindungan anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” Lanjut Bupati Shabela.

Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi KLA Tahun 2022 oleh Koordinator tim evaluasi KLA Kemen PPPA RI, Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus, Dra. Elvi Hendrani, beserta Tim secara zoom meeting.

Kegiatan merupakan tahap akhir dalam penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA), yang sebelumnya sudah melalui penilaian dalam dua tahap, yaitu pada tahap pertama evaluasi mandiri dan tahap kedua verifikasi awal administrasi, jelas Asisten Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus PPPA RI.

Untuk diketahui, Kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2021 lalu tekah mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan predikat pratama. Dan diharapkan pada tahun 2022 ini dapat meningkat menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) Madya. (HMA/ProkopimAT)

X