Hari Disabilitas Internasional Momentum Eksistensi Penyandang Disabilitas Di Aceh Tengah

73

Takengon – Diperingati setiap tanggal 3 Desember tiap tahun nya, dengan tujuan untuk memberikan dukungan dan perlindungan kepada para penyandang disabilitas di seluruh dunia, tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Aceh Tengah.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) harus jadi momentum untuk menegaskan kepedulian dan pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas.

Demikian disampaikan Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional, tingkat Kabupaten Aceh Tengah yang digelar di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Senin (5/12/2022).

Diharapkan dengan adanya HDI ini dapat meningkatkan komitmen kepada seluruh elemen masyarakat untuk membangun kepedulian serta menggugah kesadaran akan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Seharusnya sudah tidak ada stigma negatif pada penyandang disabilitas. Kita harus medukung penuh mereka dalam meningkatkan kesejahteraan, kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan” tutur Bupati Aceh Tengah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, beserta stakeholder terkait terus berupaya berkolaborasi melaksanakan pembederdayaan dan pemenuhan hak bagi para penyandang disabilitas dalam berbagai aspek, bai pendidikan, sosial, ekonomi, politik maupun budaya.

Bupati Shabela Abubakar juga berpesan kepada para penyandang disabilitas untuk tetap semangat dan terus berkarya guna menjadi manusia yang bermartabat dan berguna bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

“Meskipun mempunyai fisik yang tidak sempurna, yakin terdapat banyak potensi yang bisa digali dari para penyandang disabilitas, bagaimanapun kondisi kita harus tetap di syukuri, saya yakin Allah SWT merencanakan sesuatu yang sangat baik untuk masing-masing dari kita”, Ungkap Bupati.

“Saya berpesan kepada para penyandang disabilitas di Kabupaten Aceh Tengah untuk tetap semangat menjalani kehidupan ini. Jangan putus asa, percaya diri, terus bekerja keras dan berinovasi dalam setiap bidang yang ditekuni masing masing, Kami meminta kepada OPD terkait untuk terus bersinergi demi memberikan kontribusi bagi kesejahteraan penyandang disabilitas”, Lanjutnya.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan “Selamat Memperingati Hari Disabilitas Internasional” kepada seluruh difabel dan seluruh orang tua yang turut serta mendampingi anak-anaknya. Semoga peringatan ini bisa mengugah kesadaran. kita semuanya akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan”, Pungkas Bupati Shabela.

Terpisah Kepala Dinsos Aceh Tengah, Drs Ishak, dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan dan meningkatkan rasa percaya diri bagi para penyandang disabilitas untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungan dan juga masyarakat.

Untuk memeriahkan peringatan HDI juga diadakan unjuk bakat karya anak disabilitas, diantaranya pertunjukan menyanyi, didong, dan tari kreasi dari para murid SLB yang ada di Aceh Tengah serta dalam kesempatan yang sama Bupati Aceh Tengah turut menyerahkan bingkisan bagi para siswa penyandang disabilitas yang hadir dalam kesempatan itu. (HMA/ProkopimAT)

X