Hebat!, Dasa Wisma di Aceh Tengah Ikut Andil Mengurus KIA

45

Takengon – Ada yang tidak biasa terjadi di Aceh Tengah, pengurus Dasa Wisma ikut andil mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) dilingkungannya.

Peran tersebut ditunjukkan oleh Dasa Wisma kampung Merah Mersa dan Kampung Kutenireje Kecamatan Lut Tawar.

“Biasanya KIA diurus oleh orang tua atau secara kolektif dari sekolah, jadi kalau pengurus Dasa Wisma juga ikut terlibat, kami nilai ini hebat!,” ungkap Sekretaris Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Purnamawati, ketika menerima 223 berkas KIA, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, peran Dasa Wisma umumnya tidak menyentuh urusan administrasi kependudukan, namun partisipasi yang terlihat menunjukkan jika Dasa Wisma di dua kampung tersebut bergerak aktif.

Sejak diluncurkan penerbitan KIA pada awal Agustus lalu, memang cakupan terus meningkat. Peran orang tua, pihak sekolah hingga aparat kampung semakin besar.

“Secara umum kami menilai, kesadaran masyarakat terhadap administrasi kependudukan semakin meningkat , buktinya terlihat dari keterlibatan banyak pihak, bahkan Dasa Wisma,” ujarnya.

Ketua PKK Kampung Merah Mersa, Ny. Ismail mengatakan keterlibatan Dasa Wisma sebagai wujud partisipasi untuk mendukung Aceh Tengah sebagai Kabupaten layak anak.

“Kita ingin berpartisipasi, dan sejauh ini peran Dasa Wisma khususnya di Kampung Merah Mersa sangat aktif untuk terus berbuat mendukung program-program pembangunan daerah,” ucapnya.

Kehadiran pengurus Dasa Wisma Merah Mersa dan Kutenireje ke Kantor Dinas Dukcapil Aceh Tengah didampingi Ketua PKK Kecamatan dan Ketua PKK Kampung serta membawa beberapa pelajar yang akan menerima KIA.