Idul Fitri 1442 H, Shabela: “Kita Masih Diuji Allah SWT Dengan Corona”

111

Takengon – “Idul Fitri tahun ini kita masih diuji Allah SWT dengan mewabahnya virus corona”, demikian disampaikan Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dalam sambutannya di hadapan para jama’ah Shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Mesjid Agung Ruhama’, Kamis (13/05).

Menurutnya, cobaan dan ujian yang dihadapi ini ada hikmah yang dapat diambil, karena diturunkannya cobaan serta ujian dari Allah kepada manusia, agar kesombongan dan keangkuhan yang kerap terpatri di jiwa manusia itu runtuh.

“Sebab adanya ujian dan cobaan dapat menggugah empati sesama manusia untuk saling merekatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap sesama,” sambungnya lagi.

Terkait ibadah puasa, Bupati Shabela menjelaskan, ketaqwaan hakiki seorang hamba bukan hanya dinilai selama Ramadhan, tapi ujian taqwa sebenarnya adalah bulan-bulan setelahnya.

“Mari kita pelihara amal ibadah dan perilaku selama ramadhan, tetap terjaga serta berwujud nyata dalam kehidupan sehari-hari setelah Ramadhan”, ajaknya.

Shabela turut mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan selama masa pemerintahannya yang telah berjalan 3 tahun 5 bulan.

“Kemajuan daerah sulit tercapai jika tidak dilandasi kebersamaan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat” ungkapnya.

Selain itu, dalam rangka silaturrahmi pada Hari Raya Idul Fitri di masa pamdemi tahun ini, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk saling memaafkan dan mempererat silaturrahmi secara digital.

“Kita bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk berkomunikasi dengan sanak saudara kita, tidak bepergian keluar kota dan sebisa mungkin menghindari kerumunan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 di daerah kita”, pesan Shabela.

“Kepada segenap masyarakat Aceh Tengah kami berpesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri, keluarga serta lingkungan sekitar”, tegas Shabela lagi.

Menutup sambutannya, Shabela mengucapkan Selamat Lebaran kepada seluruh masyarakat Aceh Tengah.

“Akhirnya, dengan hati yang tulus, izinkan kami selaku pribadi dan keluarga serta atas nama pimpinan daerah, dan mewakili seluruh aparatur pemerintah daerah, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah” pungkasnya.

Bertindak sebagai Imam Shalat Ied,
Tgk. Drs. Mustafa Kamal, MA dan Khatib Tgk. Drs. H. Ridwan Qari. (KS/Humas)