Pemkab Aceh Tengah dan Okabayashi Farm Tandatangani MoU

Kategori : Ekonomi Kamis, 02 Maret 2017

Takengon - Kerjasama bidang pertanian antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah dengan Okabayashi Farm (perusahaan asal Jepang) kembali mengemuka setelah kedua belah pihak melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (1/3) di ruang kerja Wakil Bupati Aceh Tengah.


Sebelumnya, pada awal April 2016 lalu, Pemerintah Jepang melalui Badan Kerjasama Internasional Jepang atau Japan International Corporation Agency (JICA) telah melakukan penjajakan kerjasama dengan pemerintah setempat khusus pengembangan jeruk.


Naskah perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Wabup Khairul Asmara dan Mr Fujio Okabayashi (Okabayashi Farm Co.Ltd), disaksikan perwakilan Jepang Mr Kazumi Ota (Ochi Town, Kochi Prefecture) dan Sekretaris Daerah Karimansyah.

Selain itu hadir juga Apriliani Setyaningsih dan Bhardjo Pramono (Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pertanian RI), serta perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.


Wabup Khairul Asmara menyampaikan, kerjasama bidang pertanian tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan komoditi jeruk di daerah berhawa sejuk itu, sehingga berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

"Pemkab Aceh Tengah selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Melalui MoU yang kita tandatangani hari ini diharapkan berdampak baik terhadap kesejahteraan petani," ujarnya.


Pada pertemuan itu dibahas juga beberapa tehnis terkait kerjasama dan pengembangan jeruk, seperti memberikan pelatihan kepada tiga orang petani dari Aceh Tengah yang akan dikirim ke Jepang dalam waktu dekat.

Menurut Perwakilan JICA Mr Akihiko Koshino, ketiga perwakilan petani jeruk tersebut akan dibekali pelatihan tentang budidaya jeruk, pengolahan, distribusi sampai pemasaran selama 1 tahun.


“Diharapkan sekembalinya dari Jepang mereka dapat menerapkan ilmu yang mereka peroleh untuk mendukung pengembangan komoditi jeruk di Kabupaten Aceh Tengah” jelasnya.


Ikut dalam rombongan JICA itu Mr Akihiko Koshino dan Mr Masashi Nishikawa dan Staf Walikota Ochi Kazumi Ota, sementara perusahaan Okabayashi Farm diwakili Mr Fujio Okabayashi dan Mr Takayuki Nakamura. (Yus/Mika)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32