BI Berencana Bangun Cluster Cabai Merah di Aceh Tengah

Kategori : Seputar Gayo Minggu, 21 Mei 2017

Takengon - Kenaikan harga cabai merah yang begitu drastis beberapa waktu terakhir, mendorong Bank Indonesia (BI) cabang Lhokseumawe berencana membangun cluster (kelompok) cabai merah di Kabupaten Aceh Tengah.

Rencana membangun cluster cabai merah tersebut mengemuka ketika Kepala Bank BI Lhokseumawe, Yufrizal dan Manager pengembangan Ekonomi, Nur Asma melakukan pertemuan dengan Bupati Nasaruddin, Jumat (19/5/2017) di ruang kerja Bupati Aceh Tengah.

Menurut Yufrizal, kultur tanah yang subur di Kabupaten Aceh Tengah, membuat pihaknya melirik beberapa tempat di wilayah itu untuk membangun cluster cabai merah.

"Kami berencana fokus mengembangkan cluster cabai merah di desa Pondok Balek Kecamatan Ketol, kami sudah melakukan survei kesana," ujarnya.

Dari hasil peninjauan lokasi sebutnya, daya tahan cabai merah masih kurang, begitu juga produktivitas masih rendah karena adanya hama penyakit.

"Nanti melalui upaya kita semua, akan coba tangani kendala tersebut dengan mengundang ahli-ahli cabai untuk memberikan pembinaan kepada kelompok tani, supaya kedepan cabai yang dihasilkan disini lebih punya daya saing," tambahnya.

Lanjut Yufrizal, dalam waktu dekat pihaknya akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Aceh Tengah, selanjutnya sebelum melakukan penanaman pihaknya juga melakukan pelatihan untuk kelompok tani cabai didaerah itu.

Sebelumnya Bupati Nasaruddin meminta Kadis Pertanian, Rahmandi dan Kabag Administrasi Perekonomian Setdakab Aceh Tengah, Jumadil Enka yang juga hadir pada pertemuan itu untuk memfasilitasi rencana BI membangun cluster cabai merah di daerah itu.

"Kita akan fasilitasi rencana BI untuk mengembangkan penanaman cabai merah. Keterlibatan permodalan oleh pihak BI diharapkan dapat meningkatkan produktivitas cabai di Aceh Tengah, sehingga kesejahteraan petani juga lebih baik," ujar Nasaruddin. (mika/ichan)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32