Sambut Ramadhan, Ikadi Ajak Semua Ceria

Kategori : Sosial Minggu, 21 Mei 2017

Takengon - Menyambut datangnya bulan ramadhan, Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) Aceh Tengah menggelar Tarhib Ramadhan 1438 H di Gos Takengon, Jumat (19/5/2017). Tarhib Ramadhan kali ini mengusung tema “ramadhan datang, ramadhan ceria”.

Melalui tema itu Ikadi mengajak pelajar setingkat PAUD, SD, SMP, SMA sederajat, mahasiswa dan majelis taklim untuk berbahagia menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Setidaknya sebanyak 725 peserta ikut nyimbrung mengikuti sejumlah kegiatan yang digelar panitia tahrib ramadhan, seperti lomba mewarnai, do’a sehari-hari, cerdas cermat, cerita Isami, lomba adzan, artikel ramadhan dan vocal group hingga desain grafis.

Antusias warga mengikuti tahrib ramadhan tahun ini cukup tinggi, dibanding tahun sebelumnya yang kurang dari jumlah tersebut. Hal itu diakui Ketua panitia Alzikri Fakhruraji.

“Alhamdulillah tahun ini peserta tahrib ramadhan membludak. Ini bagian dari syiar Islam, semoga tahun-tahun berikutnya semakin meningkat,” ujarnya.

Melalui tahrib ramadhan, sebutnya diharapkan meningkatkan kecintaan generasi bangsa untuk memaknai datangnya ramadhan dengan penuh semangat dan ceria, hingga suasana ramadhanpun lebih hidup.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Mursyid MSi mengapresiasi Ikadi menyelenggarkan tahrib ramadhan.

“Bulan suci ramadhan harus dimaknai dengan peningkatan iman dan taqwa. Kita disyariatkan untuk berpuasa sebulan penuh dan dianjurkan untuk meningkatkan melaksanakan ibadah sunat lainnya,” sebut Mursyid.

Disampaikan, datangnya bulan penuh berkah itu bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban berpuasa pada siang harinya, namun hendaknya diisi dengan kegiatan keagmaaan lainnya pada malam hari.

“Kita berharap syiar agama Islam lebih bergaung pada bulan suci ini, terutama pada malam hari, mesjid-mesjid di Aceh Tengah lebih ramai dengan jamaah sholat tarawih dan tadarus hingga menjelang sahur,” ujarnya. (mika)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32