Tugas Pokok dan Fungsi

Kategori : Profil Lembaga Selasa, 25 Oktober 2016 - Oleh humas.acte

Bagian humas berada di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada Susunan Organisasi Sekretariat Daerah yang membawahi :

I.   Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, terdiri dari :

     1.  Bagian Tata Pemerintahan.

     2.  Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat.

     3.  Bagian Hubungan Masyarakat.

II.  Asisten Ekonomi dan Pembangunan, terdiri dari :

     1.  Bagian Administrasi Perekonomian.

     2.  Bagian Administrasi Pembangunan.

III. Asisten Administrasi Umum, terdiri dari :

     1.  Bagian Hukum.

     2.  Bagian Organisasi.

     3.  Bagian Umum.

Sekretaris Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan tugas pokok penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat serta pembinaan administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh Perangkat Daerah dan instansi vertikal.

Humas yang berada dibawah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan bertanggung jawab kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Bagian Hubungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan pembinaan hubungan kemasyarakatan guna memperjelas kebijakan pimpinan Pemerintah Daerah dan berfungsi  :

1. Mengumpulkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Pembinaan dan pelaksanaan hubungan masyarakat
2. Melaksanakan hubungan antar pemerintah daerah dengan masyarakat umum dan organisasi kemasyarakatan untuk memperjelas kebijakan dan kegiatan Pemerintah Daerah
3. Melaksanakan inventarisasi dan dokementasi serta distribusi bahan-bahan penerbitan
4. Penetapan kebijakan bidang pelayanan informasi dan komunikasi sesuai dengan kebijakan umum yang ditetapkan oleh Bupati
5. Pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat
6. Pemantauan terhadap lembaga pemerintah dan masyarakat dibidang pelayanan informasi dan komunilasi
7. Pelaksanaan Protokuler

 

Bagian Hubungan Masyarakat  terdiri dari  :

1. Sub Bagian Pemberitaan dan Media Massa
2. Sub Bagian Informasi Komunikasi dan Dokumentasi
3. Sub Bagian Protokuler

 

a.  Tugas Pokok Humas

Bagian Humas mempunyai tugas melaksanakan pembinaan hubungan kemasyarakatan guna memperjelas kebijakan dan pelayanan  pimpinan  daerah baik pemerintahan, pembangunan dan  sosial kemasyarakatan.

Sub Bagian  Pemberitaan dan Media Massa mempunyai tugas  melakukan pemberitaan dan penerbitan baik melalui media cetak maupun media elektronik guna memperjelas kebijakan Pimpinan Pemerintah Daerah serta mendistribusikan bahan-bahan penerbitan. Uraian tugas yang dimaksud sebagai berikut :

1. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan bidang pemberitaan dan penerbitan
2. Menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang pemberitaan dan penerbitan
3. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang pemberitaan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah
4. Menyiapkan bahan-bahan petunjuk dibidang pemberitaan dan penerbitan
5. Menyiapkan pemberitaan dan penyiaran kegiatan Pemerintah Daerah melalui media cetak maupun media elektronik
6. Memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk tamu-tamu yang memerlukan informasi
7. Menyiapkan bahan dalam memberikan tanggapan atau penjelasan terhadap surat-surat pembaca dimedia masa atau surat-surat dari masyarakat
8. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyelenggaraan penerbitan buletin karyawan sebagai media menerangkan intern
9. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pembuatan film penerangan, pementasan sandiwara, penerangan TVRI dan RRI
10. Menyiapkan bahan penyusunan rencana pembuatan folder booklet dan brosur serta menyelenggarakan papan pengumuman
11. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyelenggaraan keterangan pers atau konprensi pers
12. Menyiapkan rencana peliputan acara-acara kegiatan Pemerintah Daerah dengan mengundang pers
13. Mempersiapkan pelaksanaan jumpa pers pimpinan Pemerintah Daerah

 

Sub Bagian Informasi, Komunikasi dan Dokumentasi mempunyai tugas: mengumpulkan informasi untuk bahan kebijakan pimpinan Pemerintah Daerah dan melakukan perekaman penyajian data dan pameran serta melakukan pelayanan masalah kemasyarakatan dalam hubungannya dengan pembangunan dan penginformasikan berbagai hasil pembangunan kepada masyarakat. Uraian tugas yang dimaksud sebagai berikut :

1. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data serta informasi yang behubungan dengan bidang Pengumpulan dan Pelayanan Informasi
2. Menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang Pengumpulan dan Pelayanan Informasi
3. Menginventarisasi permasalahan–permasalahan yang berhubungan dengan bidang Pengumpulan dan Pelayanan Informasi serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah
4. Mencari, mengumpulkan, menghimpun, menyaring dan menganalisa informasi bidang tugas dan kegiatan Pemerintah Daerah
5. Menyusun dan mensistimasikan data dibidang pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan
6. Mengolah data dan informasi dibidang pemerintahan, pembangunan dam kemasyarakatan
7. Mengumpulkan, menyaring dan menganalisa informasi dari masyarakat, organisasi non pemerintah dan pers
8. Mengevaluasi dan menganalisa segala sesuatu dan kegiatan yang berkaitan dengan masalah kehumasan

 

Sub Bagian Protokuler mempunyai tugas melakukan penyusunan acara keprotokuleran. Uraian tugas yang dimaksud  sebagai berikut :

1. Menyiapkan bahan penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang protokuler
2. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data serta informasi yang behubungan dengan bidang Protokuler
3. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang protokuler serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah
4. Menyiapkan acara penyelenggaraan upacara-upacara pelantikan, rapat-rapat dinas dan pertemuan dinas lainnya
5. Menyiapkan penyelenggaraan penerimaan tamu-tamu negara, tamu daerah dan tamu perwakilan negara sahabat
6. Mengatur persiapan rapat, pertemuan, resepsi, upacara dan kendaraan untuk tamu yang memerlukan pelayanan yang bersifat protokuler
7. Menyiapkan upacara, mengatur keprotokolannya serta melakukan kerjasama dengan instansi lain dibidang keprotokolan
8. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan sub bagian keprotokuleran sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan
9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala Bagian Humas baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan bidang tugasnya

 

b.  Fungsi Pokok  Humas

a. Mengumpulkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pelaksanaan hubungan masyarakat
b. Melaksanakan hubungan antar pemerintah daerah dengan masyarakat umum dan organisasi kemasyarakatan untuk memperjelas kebijakan dan kegiatan Pemerintah Daerah
c. Melaksanakan inventarisasi dan dokumentasi serta distribusi bahan-bahan penerbitan
d. Penetapan kebijakan bidang pelayanan informasi dan komunikasi sesuai dengan kebijakan umum yang ditetapkan oleh Bupati
e. Pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat
f. Pemantauan terhadap lembaga pemerintah dan masyarakat dibidang pelayanan informasi dan komunikasi
g. Pelaksanaan Pelayanan Keprotokolan

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32