Ini harapan Wabup Firdaus pada Win-Ipak Duta Wisata Aceh Tengah 2019

12

Takengon – Wabup Aceh Tengah H Firdaus SKM menghadiri acara malam penobatan Win dan Ipak duta wisata Aceh Tengah 2019 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Senin (22/4/2019).

Pemilihan duta wisata ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Aceh Tengah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Wabup Firdaus mengikuti semua serangkaian kegiatan mulai dari pembukaan hingga penyerahan hadiah kepada para kontestan.

Firdaus mengatakan kegiatan tersebut penting bagi Kabupaten Aceh Tengah karena pemerintah setempat komitmen mengembangkan sektor kepariwisataan.

“Melalui duta wisata diharapkan potensi daerah yang kita miliki dapat dipromosikan lebih luas,” ujarnya.

Selain itu dia menyampaikan potensi wisata yang ada di daerah penghasil kopi arabika terbaik itu belum sepenuhnya dapat dikelola dengan baik.

“Mengelola pariwisata tidak bisa instan, perlu perencanaan dan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan, sehingga kemajuan sektor pariwisata sejalan dengan nilai-nilai agama dan kearifan lokal yang berkembang dalam masyarakat di daerah kita,” tambah Firdaus.

Sebagai daerah wisata, Kabupaten Aceh Tengah saat ini terus bergerak menciptakan peluang-peluang untuk mendatangkan wisatawan ke daerah itu.

Seperti gerakan yang dibangun oleh pengurus cabang olahraga arung jeram sangat positif untuk meningkatkan minat wisatawan menikmati keindahan alam Aceh Tengah.

Begitu juga gerakan yang sudah dibangun oleh komunitas seperti kemping 100 tenda, komunitas sepeda, komunitas burung berkicau dan komunitas lainnya.

Gerakan lainnya dilakukan oleh reje dan pemuda kampung, seperti kawasan wisata bur telege dan puncak lancuk leweng. Serta beberapa kampung lain yang sudah mulai bersiap untuk mengembangkan potensi wilayah masing-masing.

Win Saidina Munthe dan Ipak Ikke Damaiyanita pada malam itu dinobatkan menjadi duta wisata Aceh Tengah tahun 2019, setelah menyisihkan 55 peserta lainnya. [Mika]