Jelang Idul Adha, Pemkab Aceh Tengah Gelar Pasar Rakyat

70

Takengon – Dalam menjaga kestabilan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah bekerja sama dengan PT. Flora Agung dan Perum Bulog Takengon menggelar Pasar Rakyat bertempat dihalaman Gudang KIR Dinas Perhubungan Paya Ilang Aceh Tengah, Jumat (14/06/2024).

Kegiatan pasar rakyat menjual paket kebutuhan pokok rumah tangga dengan harga Rp. 95.000 /paket yang terdiri dari beras premium Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog dihargai Rp. 63.000,-, minyak goreng 1 liter Rp. 14.000, dan gula pasir 1 Kg Rp. 18.000,-.

Pj. Bupati Aceh Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, M. Thamrin Elashri M. Ali, SE, M.AP dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pasar rakyat yang dilaksanakan merupakan bentuk upaya pemerintah daerah untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan menjelang hari raya Idul Adha.

“Pemerintah daerah terus berupaya menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok, utamanya menjelang momentum hari raya Idul Adha. Langkah-langkah yang telah dilakukan dengan kegiatan pengawasan terhadap distribusi barang, peningkatan stok cadangan, serta kolaborasi dan menjalin Kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Pemerintah daerah berkomitmen untuk membantu meringankan beban Masyarakat menghadapi hari raya Idul Adha, tanpa kekhawatiran akan mahalnya harga bahan pangan” ucapnya.

Kolaborasi ini tercermin dari upaya yang dilakukan Pemkab Aceh Tengah dan PT. Flora Agung bersama Bulog Perwakilan Takengon melalui kegiatan Pasar Rakyat. Melalui kegiatan ini, pemerintah berupaya untuk memastikan ketersediaan stok barang dan kestabilan harga bahan pangan bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat merayakan hari raya Idul Adha.

Kerja sama antara Pemkab Aceh Tengah dan PT. Flora Agung baru terjalin sebulan yang lalu dari penandatanganan MoU Kerjasama PT. Flora Agung telah membantu pemerintah dalam menjaga distribusi pangan dan menjaga stabilitas harga diwilayah Kabupaten Aceh Tengah.
Seperti diketahui PT. Flora Agung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang eksport import barang komuditas, warehousing, custom clearance, market place dan customized supply chain financing. Dan Pemkab Aceh Tengah memfasilitasi kerjasama tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan harga pasokan bahan pokok dan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Tengah.

Thamrin menambahkan sebagaimana yang telah kita saksikan melalui kegiatan pasar rakyat ini, dapat menciptakan aksesbilitas terhadap pangan yang merata dan terjangkau bagi Masyarakat. “Langkah kolaborasi dengan pihak terkait dalam menjaga stabilitas harga sertakebutuhan pangan perlu kita tingkatkan. Dengan adanya sinergisitas dan Kerjasama semua pihak, maka diharapkan stabilitas harga pangan di pasaran dapat terus terjaga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Masyarakat tentunya”, ujarnya.

Turut hadir CEO PT. Flora Agung Zia Muhammad, SE, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Tengah, Marwandi Monte, Kadis Perhubungan Aceh Tengah, Jauhari ST, Kepala Dinas DPMPTSP Aceh Tengah, T. Alaidinsyah, perwakilan Bulog Aceh Tengah dan Kepala Bagian Ekonomi Setdakab Aceh Tengah. (RH/ProkopimAT)

X