Kapasitas Kelompok Informasi Kampung Diperkuat

25

Takengon – Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar membuka secara resmi kegiatan penguatan kelompok informasi kampung (KIK), kegiatan tersebut berlangsung di Aula hotel Bayu Hill Takengon , Kamis 31/10/2019.

Pada kesempatan tersebut Shabela mengharapkan KIK bisa menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai suatu sumber pengetahuan dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan.

“Untuk Kabupaten Aceh Tengah sendiri dari 295 Kampung yang ada, saat ini telah terbentuk sebanyak sembilan puluh (90) Kelompok Informasi Kampung yang tersebar di 14 Kecamatan, serta untuk mendukung KIK pemerintah telah mendampingi desa dalam pembuatan Aplikasi SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan) yang saat ini telah berjalan pada 47 Kampung” ujar Shabela Abubakar.

Ia juga mengharapkan dengan KIK mampu menjalankan fungsinya untuk mendesiminasikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan, serta lebih jauh lagi mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala dinas Komunikasi, Telematika dan Persandian Aceh Marwan Yusuf dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya di diseluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh, untuk penentuan lokasi dilaksanakan kegiatan ini adalah melalui penilaian oleh dinas Provinsi Aceh.

“Penentuan daerah yang ditunjuk melaksanakan kegiatan pembinaan (KIK) adalah menilai Kabupaten-Kabupaten yang kami anggap pembinaan KIK oleh Pemerintah Daerahnya berjalan maksimal sesuai dengan penilaian dan kriteria Kelompok Informasi Kampung (KIK)” sebut Marwan. (Ozi)