Kebersihan Untuk Kenyamanan Pelayanan Adminduk di Dinas Dukcapil

54

Takengon – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Tengah selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kantor melalui kegiatan gotong royong Jum’at bersih. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin oleh seluruh pegawai Dukcapil untuk menciptakan suasana yang nyaman dan higienis bagi warga yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan.

Suasana yang bersih dan rapi di sekitar kantor Dukcapil Aceh Tengah tidak hanya memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang, tetapi juga membangkitkan semangat kerja para pegawai. “Kebersihan lingkungan kerja sangat penting, karena dapat meningkatkan gairah dan semangat kerja kami sebagai pegawai,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal, Jum’at (14/06/2024). Suasana yang bersih dapat menciptakan atmosfer yang positif dan mendukung produktivitas.

Kegiatan gotong royong Jum’at bersih kali ini juga sejalan dengan instruksi Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tengah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Instruksi tersebut menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai bentuk persiapan menyambut hari besar keagamaan dan mencerminkan nilai-nilai kebersamaan serta gotong royong dalam masyarakat. “Kami mendukung penuh instruksi Pj. Bupati dan menjadikan momen ini sebagai pengingat akan pentingnya kebersihan,” tambah Mustafa.

Setiap Jum’at, seluruh pegawai Dukcapil Aceh Tengah berkumpul untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di area kantor dan sekitarnya. Mereka membersihkan ruang tunggu, halaman kantor, hingga area parkir. Kegiatan ini bukan hanya sekedar rutinitas, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat kebersamaan dan meningkatkan rasa memiliki terhadap lingkungan kerja.

Para pegawai Dukcapil sangat antusias mengikuti kegiatan Jum’at bersih. “Kami merasa lebih bersemangat dan lebih bergairah bekerja di lingkungan yang bersih dan nyaman,” ujar salah satu pegawai. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini membantu mereka untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan kerapian lingkungan kantor.

Selain membersihkan lingkungan kantor, pegawai Dukcapil Aceh Tengah juga melakukan penghijauan dengan menanam beberapa tanaman hias di sekitar kantor. “Kami ingin menciptakan lingkungan yang tidak hanya bersih, tetapi juga asri dan hijau,” jelas Mustafa. Penghijauan ini diharapkan dapat menambah keindahan dan kesejukan di area kantor, sehingga semakin meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang datang.

Masyarakat yang datang ke kantor Dukcapil Aceh Tengah mengapresiasi upaya kebersihan ini. “Kami merasa lebih nyaman dan tenang saat mengurus dokumen di sini. Lingkungannya bersih dan petugasnya ramah,” ujar seorang warga yang sedang mengurus KTP. Ucapan tersebut menunjukkan bahwa upaya kebersihan yang dilakukan telah memberikan dampak positif bagi pelayanan publik.

Kegiatan Jum’at bersih di Dinas Dukcapil Aceh Tengah menjadi contoh nyata bahwa kebersihan lingkungan kerja adalah kunci untuk menciptakan pelayanan yang baik dan nyaman. “Kami akan terus melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan menjadikan kebersihan sebagai bagian dari budaya kerja kami,” tutup Mustafa. Dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, diharapkan pelayanan adminduk di Dinas Dukcapil Aceh Tengah dapat terus meningkat dan memberikan kepuasan bagi masyarakat.

Kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi juga seluruh pegawai dan masyarakat. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, Dinas Dukcapil Aceh Tengah berkomitmen untuk terus menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama. (*)

X