Kelompok Tani Sara Tangke Terima Bantuan Lantai Jemur PSBI

59

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Karimansyah I., SE, MM menghadiri acara penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe secara simbolis kepada kelompok Tani Sara Tangke desa Tawardi, kegiatan tersebut berlangsung di desa Tawardi, Kecamatan Kute Panang Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (6/2).

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia cabang Lhokseumawe Yukon Afrinaldo menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa lantai jemur
kepada Kelompok Tani Sara Tangke Desa Tawardi.

Yukon Afrinaldo menyampaikan bahwa Bank Indonesia sangat peduli dan mengapresiasi Kopi Gayo yang telah memiliki nama baik di domestik maupun di luar Negeri, selain itu kopi Gayo merupakan salah satu komoditas unggulan daerah yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

“Menurut data dari Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kopi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, pada tahun 2017 Provinsi Aceh memiliki 121.226 Hektare lahan tanaman kopi dengan produksi sebanyak 46.828 Ton” ungkap Yukon Afrinaldo.

Dalam sambutanya, Karimansyah menyambut baik penyerahan bantuan berupa pembangunan lantai jemur kopi kepada kelompok tani di kampung Tawardi, sebagai bagian dari program Pengembangan Klaster Kopi Gayo kantor perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe.

“Dengan adanya lantai jemur kopi ini, setidaknya mampu membantu kelompok tani kopi dalam penyediaan sarana tempat penjemuran biji kopi yang refresentatif demi menjaga kualitas dan citarasa kopi” sebut Karimansyah.

Ia juga menyampaikan dengan pengelolaan yang baik, gudang dan tempat penjemuran kopi ini nantinya dapat dijadikan semacam resi gudang, yang dapat membantu masyarakat untuk memperoleh pembiayaan murah disaat harga pasaran produk pertanian terutama kopi cenderung turun. (Ozi).