Kemeriahan HUT RI ke 77 di Kabupaten Aceh Tengah Ditutup Apik Dengan Penutupan Pacu Kuda Tradisional Gayo

257

Takengon – “Syukur Alhamdulillah, kegiatan Pacuan Kuda yang sudah berlangsung selama sepekan ini telah berjalan dengan baik dan lancar, Kami selaku Pimpinan Daerah mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja dan berpartisipasi menyukseskan Pacuan Kuda tahun ini”, Ujar Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar di dampingi jajaran unsur Pimpinan Daerah, hadir sekaligus menutup secara resmi event Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, yang berlangsung di Lapangan H.M. Hasan Gayo Belang Bebangka Kecamatan Pegasing, Takengon, Aceh Tengah, Minggu (28/08/2022).

“Sebagai Daerah yang memiliki tradisi pacuan kuda, kiranya kita harus terus berbenah agar kuda-kuda kita dapat bertanding dan bersaing dengan kuda-kuda dari luar, pacuan kuda akan terus kita semarakkan dengan melibatkan lebih banyak daerah yang memiliki kuda untuk turut ikut berpartisipasi”.Lanjut Bupati dalam Kata sambutan penutupannya.

“Dengan banyaknya Daerah di Aceh maupun dari luar Aceh yang berpartisipasi pada kegiatan ini, kita harapkan pacuan kuda Tradisional Gayo, masuk dalam agenda olah raga dan pariwisata tingkat Aceh bahkan hingga tingkat Nasional”, Imbuhnya.

Di penghujung arahanya, Bupati Shabela kembali menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pada Kabupaten dan Kota yang turut serta ambil bagian dalam event tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan pacuan kuda ini, dan untuk kontingen dari Kabupaten dan Kota Tetangga yang turut serta ambil andil kami ucapkan, selamat kembali ke Daerah masing-masing”, Katanya.

“Antusiasme saudara sekalian merupakan tanda cinta dalam bentuk nyata kepada Kebudayaan Gayo, yang tentunya juga diharapkan dapat terus tumbuh subur, yang diwujudkan dalam karya yang positif”, Ulas Bupati.

“Merepresentasikan keindahan dan tradisi dari Dataran Tinggi Tanoh Gayo, kita akan mampu menonjolkan berbagai potensi yang kita miliki jika Kita bersama bersatu demi Dataran Tinggi Negeri Gayo bermartabat, Junjung terus semangat sportifitas dan persaudaraan mari kita bersama bergerak untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Pungkas Bupati Shabela Abubakar menutup Sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, usai menyaksikan race demi race pacuan kuda tradisional tersebut, Bupati Shabela Abubakar beserta jajaran pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah juga berkesempatan menyerahkan secara langsung piagam dan penghargaan kepada para jawara Pacuan Kuda dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022 ini.

Kembali digelar setelah hampir dua tahun pandemi ajang kali ini turut di ikuti oleh Tujuh Kabupaten/Kota se Aceh, dengan 246 ekor Kuda yang mendaftar dan akhirnya meloloskan 78 ekor ke babak final, yang selanjutnya berhak memperebutkan total hadiah sebesar 287 Juta Rupiah.

Setelah berpacu di arena lapangan H.M. Hasan Gayo Belang Bebangka, akhirnya event pacuan kuda yang dipadati puluhan ribu penonton baik masyarakat lokal bahkan dari luar ini, menjadikan Kabupaten Aceh Tengah sebagai Juara umum, ajang pacuan tradisional ini sebelumnya hanya diikuti oleh Kabupaten Gayo bersaudara yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, namun kali ini juga turut dimeriahkan oleh Kuda-Kuda dari Kabupaten lainnya, sebut saja Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Barat, Lhokseumawe dan juga Ibu Kota Provinsi, Banda Aceh.

Hal ini menunjukkan arah trend positif bagi kelangsungan olahraga berkuda di Provinsi Aceh utamanya menjelang akan digelarnya PON pada 2024 mendatang, di mana menjadikan Lapangan H. M. Hasan Gayo, Blang Bebangka sebagai venue untuk olahraga yang merupakan ajang sport tourism bernuansa kearifan lokal, kebanggaan Masyarakat Dataran Tinggi Tanoh Gayo. (HMA/ProkopimAT)

X