Ketika Layanan Dukcapil Sasar Warga Berawang Dewal dan 4 Kampung Sekitarnya

17

Takengon – Disdukcapil Aceh Tengah sedang gencar melakukan pelayanan keliling jemput bola, terutama menyasar wilayah yang jauh dari ibukota Kabupaten, Takengon.

Kali ini pelayanan dilakukan di Kampung Berawang Dewal, namun tidak hanya warga setempat yang dilayani, tapi juga masyarakat di 4 kampung sekitar, diantaranya kampung Merah Said, Berawang Baro, Gegarang dan Telege Sari.

Seorang warga Berawang Dewal, Aman Dimas mengungkapkan rasa gembira dengan hadirnya pelayanan Dukcapil di kampungnya, terutama masyarakat dapat memanfaatkan waktu pelayanan tersebut dengan baik.

“Kami sangat merasa terbantu dengan pelayanan keliling yang dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah, dan mudah-mudahan dapat terus dilakukan secara berkala di tempat kami,” katanya, Minggu (31/07/2022).

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal membenarkan upaya pihaknya untuk melakukan pelayanan jemput bola terutama menyasar masyarakat yang berdomisili jauh dari Takengon.

Layanan yang dilakukan meliputi perekaman KTP, perbaikan KTP karena perubahan elemen data, rusak atau hilang, kemudian penerbitan Kartu Keluarga, penerbitan Akta Kelahiran, terutama usia 0 s/d 18 tahun, dan penerbitan Akta Kematian.

“Melalui pelayanaan keliling yang kita lakukan diharap memberi manfaat bagi masyarakat, selain itu kita juga mampu memenuhi target-target pelayanan,” kata Mustafa yang akan terus melakukan pelayanan keliling untuk meningkatkan kualitas layanan Adminduk.

Upaya Dinas Dukcapil Aceh Tengah melakukan layanan jemput bola merupakan bagian dari semangat pelayanan yang selalu ditegaskan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama, bukan hanya di sekitar kota tapi juga kampung-kampung yang jauh dari ibukota. (*)