Kilas Balik 2019 Dinas Dukcapil Aceh Tengah

112

Takengon – Tahun 2019 terjadi perubahan pelayanan yang mendasar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Tengah.

Diantara perubahan tersebut adalah pelayanan Front Office, pembenahan ruang tunggu, pengaktifan sistem antri dan dimulainya layanan SMS Gateway.

Sebelumnya, masyarakat dilayani dari balik jendela di depan kantor dan berebutan menyerahkan berkas ataupun sekedar berkonsultasi.

Tidak ada ruang tunggu yang representatif, sebagian masyarakat menunggu di warung, di tembok taman, bahkan tidak jarang terlihat duduk di jok sepeda motornya.

Berbagai perubahan yang telah dilakukan, menurut Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal merupakan sesuatu yang mendasar dan bukan hal yang baru.

“Instansi pelayanan memang harus memiliki orientasi agar masyarakat merasa nyaman dan puas terlayani, pelayanan yang diberikan pun tidak bisa statis tapi terus berkembang menyesuaikan dengan kebututuhan masyarakat,” ungkap Mustafa melalui siaran pers, Kamis (02/01/2020).

Upaya pembenahan yang dilakukan berbuah manis dengan ditetapkannya Dinas Dukcapil Aceh Tengah menjadi Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Baik tahun 2019 oleh Kemenpan RB.

Menurut Mustafa, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan di tahun 2020, diantaranya dengan penambahan ruang tunggu, digitalisasi arsip, peningkatan layanan daring, memperbanyak intensitas layanan keliling dan menggencarkan sosialisasi Gerakan Masyarakat Indonesia Sadar Adminduk (GISA). (*)