Komandan Brigif 25/Siwah Disambut Dengan Tari Munalo di Aceh Tengah

108

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar Beserta ketua TP PKK Kabupaten Aceh Tengah dan jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sambut kedatangan Komandan Brigade Infanteri 25/Siwah Kolonel Inf. Ari Prasetya, SE beserta istri Ny. Dina Prasetya yang tiba di kediaman dinas Pendopo Bupati Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (22/08/2020).

Ikut didampingi oleh Komandan Batalyon Infanteri Raider khusus 114/Satria Musara Mayor Inf. Putra Negara, kedatangan Kolonel Inf. Ari Prasetya, SE sebagai Komandan Brigade Infanteri 25/Siwah disambut dengan hangat, tradisi penerimaan warga kehormatan digelar dengan simbol penyematan Opoh Ules Ulen-Ulen bermotifkan kerawang syarat makna bagi masyarakat Gayo, dilanjutkan dengan tarian Munalo serta prosesi tepung tawar atau pesejuk.

Dalam balutan kain khas Gayo tersebut Komandan Brigif beserta rombongan kemudian menikmati jamuan makan siang di Ruang makan Pendopo Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Tengah merasa senang atas kedatangan Komandan Brigade Infanteri 25/Siwah beserta rombongan, dan menyampaikan filosofi yang terkandung dalam tarian penyambutan sebelumnya, yang merupakan Salah satu tarian syarat makna.

Tari Munalo yang mengiringi kedatangan merupakan prosesi ritual menyambut kedatangan pemimpin sekaligus warga kehormatan rakyat Aceh Tengah, melalui tarian tersebut Sengeda sang putra Raja Linge ke-13, memanggil Gajah Putih, Gajah keramat, bergelar Biram Santani, turun dari belantara Negeri Gayo ke tepi Danau Lut Tawar.

Gajah Putih, perlambang kegagahan dan keperkasaan, Gajah Putih menjadi maskot kerajaan Aceh Darussalam yang jaya, dimasa kesultanan Iskandar Muda dan saat ini Gajah Putih menjadi lambang Kodam Iskandar Muda. Artinya, dari negeri ini simbol kejayaan itu berasal, inilah kebanggaan yang dimiliki anak-anak negeri Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah.

“Kedatangan saudara Komandan Brigif beserta rombongan merupakan suatu kehormatan bagi kami khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Tengah dan kami sambut dengan tarian pelambang Gajah Putih yang merupakan Wujud dari lambang Kodam Iskandar Muda saat ini” ucap Shabela.

“Dalam sejarahnya, masyarakat Aceh Tengah sedari awal menaruh kepercayaanya penuh terhadap TNI dan hubungan baik ini kiranya akan tetap terjalin baik dimasa-masa yang akan datang” imbuhnya.

Komandan Brigade Infanteri 25/Siwah Kolonel Inf. Ari Prasetya, SE turut memberikan sambutan, ia menuturkan bahwa secara pribadi dan atas nama rombongan merasa bangga dan haru dapat bertemu, disambut dan dijamu sebagai warga kehormatan oleh Bupati Aceh Tengah beserta jajaran.

“Kami ucapkan ribuan terima kasih pada Bapak Bupati yang telah memberikan sambutan yang sangat luar biasa, kami tidak dapat membalasnya, semoga Allah membalas dengan diberikan kesehatan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah” ujarnya.

“Kami sangat antusias diterima sebagai warga kehormatan, demikian pula akan kami sampaikan pada para prajurit kami yang pada saat ini berjumlah lebih kurang 2.000 personil dalam melaksanakan tugas di wilayah Kabupaten Aceh Tengah untuk menjaga kehormatan tersebut, karena pada prinsipnya prajurit berangkat dengan kehormatan pulang dengan kebanggaan sehingga para prajurit harus berbuat yang terbaik untuk wilayah Kabupaten Aceh Tengah” imbuhnya.

Untuk diketahui Brigade Infanteri Raider Khusus 25/Siwah atau Brigif RK 25/Siwah adalah satuan organik Brigade TNI Angkatan Darat dibawah Kodam Iskandar Muda yang membawahi 3 Batalyon Infanteri, yaitu Yonif Raider Khusus 111/Karma Bhakti, Yonif Raider 113/Jaya Sakti dan Yonif Raider 114/Satria Musara, Yang mana 3 satuan tersebut sebelumnya dibawah Komando Resort militer 011/Lilawangsa. (HMA/Humas)