Korban Rumah Terbakar Pendere Saril Terima Pengganti Dokumen Kependudukan yang Rusak

34

Takengon – Keluarga korban musibah kebakaran di Kampung Pendere Saril Kecamatan Bebesen menerima pengganti dokumen kependudukan yang rusak atau hilang, Senin (02/03/2020).

Dokumen berupa Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran tersebut diserahkan langsung oleh Kabid Pencacatan Sipil Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Ainal Marziah kepada dua keluarga korban.

Musibah yang terjadi Sabtu lalu menyebabkan rusak berat dua rumah warga, yaitu rumah keluarga Alamsyah dan keluarga Syalwa, sementara itu ada tiga rumah lainnya yang terkena imbas.

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengatakan upaya cepat yang dilakukan pihaknya mengingat keluarga korban dalam masa darurat sehingga tidak akan fokus untuk mengurus dokumen kependudukan yang hilang atau rusak.

“Melalui dokumen kependudukan pengganti, diharap dapat memudahkan dua keluarga yang tertimpa musibah untuk mengakses berbagai layanan publik yang diperlukan,” ujar Mustafa.

Pelayanan segera yang dilakukan pihaknya juga sesuai dengan amanah dari Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar agar memberi perhatian khusus terhadap warga kategori rentan seperti sakit dan terdampak bencana.

Mewakili keluarga korban musibah, Alamsyah merasa bersyukur dengan upaya cepat tanggap yang dilakukan oleh petugas Dinas Dukcapil.

“Hari sabtu kami tertimpa musibah, hari minggu sudah ada petugas yang datang untuk melakukan pendataan dan hari ini Senin Akte Kelahiran kami sekeluarga serta Kartu Keluarga sudah kami terima kembali,” demikian Alamsyah. (*)