Kunjungi Disdukcapil Aceh Tengah, Wakil Ketua DPRD Pasaman: Pelayanannya Luar Biasa!

390

Takengon – Disdukcapil Aceh Tengah kembali dikunjungi oleh tamu luar daerah, kali ini berasal dari Provinsi Sumatera Barat, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Rabu (14/09/2022). Kunjungan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Danny Ismaya bersama dengan empat anggota dewan lainnya Nelfri Asfandi, Farizal, Aprial dan Syamri.

Suguhan Kopi Arabika Gayo menyambut para anggota DPRD Pasaman tersebut, sambil diskusi tentang berbagai hal terkait dengan kondisi pelayanan Adminduk di Kabupaten Aceh Tengah.

“Luar biasa sekali pelayanan yang sudah dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah dengan berbagai inovasi yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dokumen kependudukan,” ungkap Danny.

Hal menarik yang menjadi perhatian Danny adalah kantor yang relatif sepi didatangi warga karena Disdukcapil Aceh Tengan berhasil menyebar titik layanan, baik secara online, kerjasama penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dengan Rumah Sakit, hingga fasilitasi pelayanan Adminduk di tingkat kampung.

“Semua yang sudah dilakukan oleh Disdukcapil Aceh Tengah mudah-mudahan bisa diikuti di daerah kami,” ujarnya.

Para anggota DPRD Pasaman tersebut melihat langsung pelayanan yang sedang berlangsung diampingi oleh Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal dan Kabid PIAK dan pemanfaatan data, Anhar.

Mustafa mengatakan perubahan yang dilakukan oleh pihaknya dilandasi semangat dan komitmen dari seluruh ASN serta dukungan yang kuat dari pimpinan daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Pembenahan utama yang kita lakukan adalah memberi kenyamanan bagi masyarakat ketika mendapat pelayanan di kantor, kemudian membuka ruang yang luas bagi warga untuk mengakses informasi Adminduk,” sebutnya.

Disdukcapil terus menyempurnakan kebijakan layanan yang berisi maklumat, standar pelayanan serta survey kepuasan masyarakat. Kemudian meningkatkan profesionalisme aparatur dengan berbagai update informasi layanan Adminduk serta bimbingan psikologis, melengkapi sarana dan prasarana, menciptakan sistem informasi pelayanan publik, membuka ruang konsultasi dan pengaduan serta terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan. (*)

X