Lantik Mukim Wihni Dusun Jamat, Ini Pesan Bupati Shabela

217

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar mengharapkan agar Mukim menjadi garda terdepan dalam pelestarian adat istiadat dan peningkatan kualitas pelaksanaan syari’at Islam, di wilayah kemukiman masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati Shabela pada acara pelantikan Tgk. Ilias Pasa sebagai Mukim Wihni Dusun Jamat Kecamatan Linge periode 2022-2027 disalah satu Meunasah Kampung Jamat, (22/08)

Dikatakannya, seiring dengan kebutuhan pembangunan dan pelayanan masyarakat, mukim harus berperan dan dituntut untuk mampu menjadi tokoh penting dalam pelestarian adat istiadat dan penegakan syariat Islam. Bahkan tidak hanya itu, Mukim juga harus mampu mengiringi penyelenggaraan urusan pemberdayaan masyarakat dan fungsi lingkungan hidup serta sumber daya alam.

“Mukim harus mau dan mampu mengawal itu semua sehingga masyarakat merasakan manfaat kehadiran mukim ditengah-tengah mereka,” ujar Shabela.

Dia mengingatkan, lembaga Mukim jangan hanya dijadikan simbol, tapi juga dapat menjadi perekat bagi masyarakat terutama dari aspek sosial, budaya maupun adat istiadat.

“Dan yang paling penting, Mukim harus mampu menjadi suri tauladan dan panutan sehingga mampu merekatkan persatuan dan kesatuan masyarakat,” harap Shabela.

Untuk itu Bupati Shabela mengingatkan, agar dalam melaksanakan tugas, Mukim dapat ikut bersama-sama dengan Camat, Unsur Forkopimcam, dan para Reje saling mendukung dan membantu serta sering-sering untuk berkoordinasi serta mendengarkan aspirasi dari masyarakat, terutama yang menyangkut bidang kerja Mukim.

Acara pelantikan Mukim yang didasarkan pada Keputusan Bupati Aceh Tengah Nomor 141/305/DPMK/2022, tanggal 20 Juli 2022 tersebut turut dihadiri para Reje dan tokoh masyarakat dari lima kampung di Kemukiman Wihni Dusun Jamat masing-masing Kampung Linge, Jamat, Reje Payung, Kute Reje dan Delung Sekinel.

Selain itu, diantara tamu undangan dan rombongan bupati, terlihat hadir Kepala DPMK Latif Rusydi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Uswatuddin, Plt. Kadis Perkim Mauiza Uswa, Plt. Kalak BPBD Thamrin Elashri, Camat Linge, WakaPolsek Linge serta sejumlah undangan lainnya. (IMH/ProkopimAT)

X