Latsar dan Diklat Prajabatan Aceh Tengah Ditutup

85

Takengon – Pelatihan dasar dan diklat prajabatan bagi CPNS di Kabupaten Aceh Tengah telah selesai dilaksanakan dan ditutup pada hari Senin (2 Maret 2020) oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh (BPSDMA) Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Sosiokultural, Sekretaris Daerah Aceh Tengah Karimansyah, I, SE, MM beserta sejumlah kepala SKPK dan widyaiswara.

Dalam laporannya, Kepala BKPSDM, Jamaluddin menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS ini dilaksanakan selama 51 Hari kerja atau 511 Jam Pelajaran (JP), yang bertujuan untuk membentuk karakter dan mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi guna membangun karakter integritas, moral, kejujuran, semangat, motivasi, nasionalisme dan kebangsaan.

“Membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab serta memperkuat profesionalisme kompetensi bidang agar mampu bersikap dan bertindak profesional didalam mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural didasarkan pada nilai-nilai dasar PNS sebagai pelayan masyarakat dan juga sebagai wujud bela negara” kata Jamaluddin.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan dasar dan diklat prajabatan CPNS ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya aparatur terutama dalam penguasaan tugas pokok dan fungsi, serta memahami hak dan kewajibannya agar dapat memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat dimanapun melaksanakan tugas.

“Pelatihan dasar dan diklat prajabatan CPNS ini juga merupakan syarat utama bagi CPNS untuk diangkat menjadi PNS, yang nantinya mempunyai peran yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan” ujar Shabela.

Lebih lanjut Shabela juga mengharapkan agar berbagai bekal pendidikan dan pelatihan yang telah diikuti nantinya dapat diterapkan dilingkungan kerja masing-masing.

“Output dari pelatihan dasar dan diklat prajabatan CPNS ini adalah sosok aparatur sipil negara yang siap untuk masuk dalam mekanisme sistem pemerintahan” tutupnya.

Sebagai informasi, Pelatihan dasar CPNS ini dilaksanakan dalam dua metode pembelajaran klasikal selama 21 hari, dan pembelajaran non klasikal selama 30 hari di instansi masing masing, jumlah peserta yang telah mengikuti latihan dasar (Latsar) dari formasi umum dan diklat prajabatan dari formasi khusus tahun 2019/2020 CPNS daerah berjumlah 271 orang dengan jumlah peserta formasi umum sebanyak 40 orang, 16 orang peserta formasi khusus (K-2) dan 215 orang peserta formasi umum.

Untuk diklat prajabatan CPNS dilaksanakan dalam enam angkatan yang dibagi kedalam dua gelombang, untuk Angkatan I dilaksanakan pada tanggal 6 Januari s/d 24 Februari 2020, dan untuk angkatan II dilaksanakan pada tanggal 9 Januari s/d 27 Februari 2020.

Pada akhir rangkaian acara penutupan, para peserta menampilkan persembahan yel yel CPNS dan ditutup dengan sesi foto bersama. (HMA/HUMAS)