Leadership Intermediate Training, Mirzuan : Rasulullah SAW Sebagai Teladan Utama Dalam Kepemimpinan

76

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, secara resmi membuka Leadership Intermediate Training (LIT) yang diadakan oleh Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh Tengah, berlangsung di SMK 2 Takengon, Senin (18/03/2024).

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Pelajar yang Berkarakter Muslim Cerdik dalam Memimpin”, training leadership tersebut akan berlangsung selama enam hari kedepan terhitung mulai 18 – 23 Maret 2024 dengan mengikut sertakan para pelajar untuk menjadi peserta.

Dalam sambutannya, Mirzuan menyampaikan, peran seorang pemimpin memiliki posisi yang sangat penting. Pemimpin bukanlah sekadar seseorang yang memerintah, namun lebih dari itu, seorang pemimpin adalah sosok yang memimpin dengan memegang teguh prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, dan keikhlasan.

”oleh karena itu, pemimpin yang baik haruslah memiliki pemahaman yang baik pula tentang pengertian dan syariat pemimpin, serta memiliki karakter yang sesuai dengan kepemimpinan yang ideal,” ujar Mirzuan.

”dalam Leadership Basic Training kali ini, nantinya kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian dan syariat seorang pemimpin dalam Islam, beberapa klasifikasi kepemimpinan yang ada, serta karakter pokok kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,” tambahnya.

Ia melanjutkan, seorang pemimpin dalam Islam haruslah mengacu pada prinsip-prinsip yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah. Seorang pemimpin haruslah taat kepada Allah SWT, menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, serta mengutamakan kepentingan umat di atas kepentingan pribadi atau golongan. Selain itu, kepemimpinan juga harus berlandaskan pada keadilan, kesetaraan, dan kebersamaan.

”banyak sekali jenis sekali jenis-jenis kepemimpinan saat ini, mulai itu kepemimpinan otoriter, demokratis, dan laissez-faire, namun demikian kepemimpinan yang paling mulia ialah kepempinan yang berlandaskan keislaman dan mengikuti kepemimpinan dari Nabi Muhammad SAW,” jelas Mirzuan.

”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai teladan utama dalam kepemimpinan. Beliau merupakan sosok pemimpin yang adil, bijaksana, dan penuh kasih sayang terhadap umatnya. Karakteristik kepemimpinan Rasulullah hendaklah menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan peran sebagai pemimpin, baik dalam skala kecil maupun besar,” tambahnya lebih lanjut.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Mirzuan mengharapkan agar Leadership Intermediate Training (LIT) dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang esensi kepemimpinan dalam Islam serta dapat membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

“dengan dilaksananya training Leadership Basic Training, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang esensi kepemimpinan dalam Islam, yang mana dikemudian hari dapat mempraktikkan nilai-nilai kepemimpian tersebut dengan baik, dalam mengarahkan suatu kelompok ataupun mengarahkan masyakat nantinya,” harap Mirzuan.

“untuk itu ikutilah dengan sungguh-sungguh Leadership Intermediate Training ini, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita bersama, terutama bagi para peserta kegiatan ini merupakan generasi penerus bangsa, yang akan membawa dan mempimpin bangsa tercinta ini dikemudian hari.” Tutupnya. (AS/ProkopimAT)

X