Malam Puncak Penobatan Agam Inong Aceh Tahun 2022, Ipak Aceh Tengah Raih Gelar Best Persentase Duta Wisata Aceh

492

Banda Aceh – Penuhi undangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM. hadir pada acara, Malam Penobatan Agam Inong Aceh Tahun 2022, yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Sabtu Malam, (10/09/2022).

Malam Penobatan Agam Inong Aceh 2022 adalah malam puncak Pemilihan Agam Inong Aceh (PAIA) yang merupakan ajang pemilihan finalis duta wisata Aceh, yang selanjutnya akan mewakili Aceh di pentas senada pemilihan Duta Wisata Indonesia tingkat Nasional pada November mendatang di Kalimantan Utara.

Diikuti finalis duta wisata perwakilan 18 Kabupaten Kota se Aceh, ajang Pemilihan Agam Inong Aceh (PAIA) pada tahun ini mengusung tema “Amazing Culture Ethnical Harmony” membawa misi agar para Duta Wisata Aceh tahun 2022 dapat mengangkat keharmonisan kebudayaan dan keragaman etnis Aceh yang menakjubkan.

Secara terpisah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, H. Harun Manzola, SE, MM. menyampaikan apresiasi atas perjuangan dua orang putra putri finalis agam inong Aceh 2022 asal Kabupaten Aceh Tengah.

“Untuk Win dan Ipak Aceh Tengah yang belum berhasil menjadi juara untuk tahun ini, jangan berkecil hati, Karena kalian berdua telah berhasil berjuang sejauh ini, dan ananda berdua merupakan Putra-putri terbaik yang telah terpilih di tingkat Kabupaten Aceh Tengah”. Pesan Harun Manzola yang tampak hadir didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah, Zulkarnain, SE., MM.

Lebih lanjut Asisten II berharap, kedua finalis dari kabupaten Aceh Tengah tersebut, nantinya dapat terus mempromosikan keindahan pariwisata dan kelestarian budaya Aceh Tengah kepada wisatawan Nusantara dan Mancanegara.

Untuk di ketahui, Finalis ajang Pemilihan Agam Inong Aceh (PAIA) asal Aceh Tengah tahun ini di wakili oleh, Win Rahmatussyifa dan Ipak Masniar, yang merupakan jawara Win dan Ipak Aceh Tengah yang telah digelar sebelumnya di tingkat Kabupaten Aceh Tengah.

Keduanya sebelum melaju ke pemilihan di malam final telah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, yang dimulai dari karantina para finalis, city tour di Kota Sabang, presentasi di hadapan dewan juri, dan ditutup pada malam puncak penobatan agam inong Aceh 2022 di AAC Dayan Dawood tersebut.

Walaupun belum berhasil keluar sebagai juara, namun keduanya berhasil manjadi nominasi untuk 2 kategori terbaik, Yaitu Best National Costum (Agam Rahmat & Inong Masniar), dan Best Evening Gown (Inong Masniar) dalam penilaian dewan juri di bidang Evening Gown, National Costum dan Atraksi Budaya, serta untuk Ipak Masniar berhasil memboyong gelar Best Persentase Duta Wisata Aceh 2022. (HMA/ProkopimAT)

X