Melalui Teleconference, Ketua TP PKK Aceh Tengah Laporkan Situasi Terkait Corona

92

Takengon – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Tengah, Puan Ratna didampingi sekretaris TP PKK Aceh Tengah bersama beberapa ketua PKK Kecamatan melakukan teleconference dengan Wakil Ketua TP PKK Aceh bertempat di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Jum’at (20/3/2020).

Selain dengan Ketua PKK Aceh Tengah, Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT. juga melakukan teleconference dengan 22 ketua TP PKK Se-Aceh lainnya.

Dalam kesempatan ini Dyah menanyakan langkah apa saja yang sudah dilakukan TP PKK Aceh Tengah.

Puan menyampai TP PKK Aceh Tengah telah melakukan beberapa kegiatan sebagai dukungan dalam upaya pemerintah mencegah penyebaran pandemi virus Covid-19.

Selain meminta arahan langkah kedepannya yang akan dilakukan oleh TP PKK Aceh Tengah, Puan juga menyampaikan telah mengimbau kepada seluruh ketua TP PKK kecamatan agar berperan aktif menyampaikan informasi terkait virus corona sampai ke tingkat terendah di kecamatan masing-masing.

“TP PKK Aceh Tengah turut serta menginformasikan pencegahan virus corona ini bersama jajaran pemerintah, Kita sebagai pengurus TP PKK Kabupaten mengimbau langkah upaya pencegahan ini disampaikan kepada seluruh anggota dan masyarakat Aceh Tengah ini,” kata Puan.

Ketua TP PKK juga mengimbau seluruh anggota PKK benar-benar mengerti dan memberikan informasi akurat pencegahan penyebaran dan bahaya corona kepada masyarakat.

“Saya berharap informasi dan himbauan disampaikan sesering mungkin, jangan bosan mengingatkan karena sangat penting untuk masyarakat dan berdampak langsung pada keluarga dan diri kita sendiri,” lanjutnya.

Selanjutnya Wakil Ketua TP PKK Aceh juga menanyakan situasi terkini terkait penerapan libur bagi anak sekolah kepada Puan.

Ketua TP PKK Aceh Tengah menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta perhatian yang serius terkait upaya menghindari keramaian dan kontak fisik langsung dengan orang lain dengan budaya sapa tanpa bersalaman dan menjaga jarak interaksi minimal 1 (satu) meter ketika berkomunikasi, serta terkait instruksi meliburkan selama 14 (empat belas) hari untuk siswa/siswi pelajar di kabupaten Aceh Tengah, orang tua selaku pendamping anak dirumah harus lebih aktif mengawasi anaknya, untuk tetap di rumah sebagai cara melindungi anak-anak kita dari bahaya virus corona.

Peran orang tua pendamping anak sangat penting untuk berhasilnya upaya menekan penyebaran virus yang mematikan ini, berikan informasi dan pengawasan ekstra pada anak-anak yang telah diinstruksikan libur tersebut.

“Untuk orang tua dampingi anak-anak kita di masa libur 14 (empat belas) hari ini, saya berharap untuk kita berusaha dan berdo’a dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk kebaikan bersama, agar kita semua terlindung dari virus corona,” pungkasnya.

Menjelang siang teleconference yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan Bebesen, Pegasing, Atu Lintang, Jagong Jeget, Rusip Antara, Kute Panang dan Kecamatan Bintang ini berakhir dan mencatat beberapa himbauan, usaha serta cara yang harus segera dilaksanakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 tersebut.

Teleconference ini adalah salah satu bentuk pemantauan dan koordinasi yang meminimalisir pertemuan langsung sehingga mencegah penyebaran virus corona. Komunikasi melalui telepon atau koneksi dalam jaringan (daring) tanpa berinteraksi sosial langsung merupakan upaya mencegah penyebaran virus corona covid-19. (HMA/Humas)