Memasuki Triwulan IV Tahun Anggaran 2021, Pemkab Aceh Tengah Kembali Lakukan Evaluasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Pembangunan

38

Takengon – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja serapan anggaran dan realisasi program/ kegiatan belanja pembangunan Kabupaten Aceh Tengah Tahun Anggaran 2021, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar bersama Sekretaris Daerah Subhandhy, memimpin Rapat Evaluasi yang digelar di Operation Room Setdakab setempat, Kamis (14/10).

Rapat Evaluasi Awal Triwulan IV tersebut dihadiri para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan Camat dengan tujuan sebagai sarana evaluasi terhadap semua kegiatan pembangunan (realisasi fisik), begitupun juga terkait daya serap atau realisasi anggaran ditiap OPD dan Kecamatan, terutama belanja sumber Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pada kesempatan itu, Bupati Shabela meminta seluruh OPD dan Camat untuk dapat terus memacu kegiatannya, agar progres realisasi fisik dan keuangan terus mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga sebelum tahun anggaran ditutup, seluruh pekerjaan telah selesai dengan baik dan sesuai spesifikasi.

Shabela menekankan kepada OPD yang capaian realisasi fisik maupun keuangannya belum maksimal, agar meningkatkan koordinasi dan terus memonitor kemajuan pekerjaan dilapangan, serta mengenali dan mengatasi permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan baik secara administrasi, keuangan maupun fisik.

“Seluruh SKPK harus lebih aktif dalam memantau kondisi riil pelaksanaan program/ kegiatan, dan menyegerakan kegiatan-kegiatan yang masih tertunda. Bila ada kendala, segera koordinasikan pada kami,” ujar Shabela.

“Waktu kita semakin sempit. Jadi tolong dipercepat realisasi dilapangan.” Tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Subhandhy mengatakan salah satu kendala dalam optimalisasi serapan anggaran dan kemajuan pekerjaan fisik yang telah memasuki triwulan akhir ini, adalah sekaitan dengan pandemi Covid-19 yang baru melandai di Kabupaten Aceh Tengah satu bulan terakhir, termasuk adanya refocusing anggaran dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya.

Kendatipun demikian, Sekda muda itu optimis, disisa waktu yang ada seluruh program/ kegiatan dan realisasi anggaran akan menunjukan kemajuan yang berarti. Terutama sekali untuk paket-paket pekerjaan yang didanai melalui DOKA harus mencapai kemajuan fisik dan keuangan minimal 70 persen sebelum tanggal 9 November 2021 mendatang.

Terkait serapan anggaran, sebagaimana dilaporkan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab. Aceh Tengah, Ummu Hanik, secara keseluruhan (dari berbagai sumber dana), realisasi fisik sampai dengan periode 31 September 2021 telah mencapai 45,05 persen dan serapan keuangan sebesar 40,33 persen. (IMH/ ProkopimAT)