Menjadi Narasumber Dalam Diksar Himatera IAIN Takengon, Bupati Shabela Sampaikan Sejumlah Pesan

53

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Pendidikan Dasar Himpunan Mahasiswa Hukum Tata Negara (Diksar Himatera) Mahasiswa Baru IAIN Takengon, Jum’at (10/09) di Gedung Aula Biro IAIN Takengon.

Dalam paparannya, Bupati Shabela menyampaikan bahwa peristiwa-peristiwa penting sejarah bangsa Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran serta mahasiswa. Bahkan sejarah mencatat, mahasiswa menjadi pelopor utama gerakan pembaruan dan revolusi tersebut.

Dikatakannya, betapa perjuangan mahasiswa dan pemuda sejak kebangkitan nasional 1908, sumpah pemuda 1928, dan proklamasi kemerdekaan 1945, serta gerakan mahasiswa yang menumbangkan Orde Lama di tahun 1966 dan dalam era reformasi sejak 1998 yang melengserkan Orde Baru, hingga kini masih terus bergulir.

Dilanjutkan Bupati Shabela bahwa independensi dan eksistensi mahasiswa sejak dulu hingga sekarang memang sangat diperhitungkan oleh banyak kalangan baik pemerintah, swasta dan masyarakat.

Akan tetapi sebutnya, independensi dan eksistensi itu hanya menjadi ungkapan bila para mahasiswa tidak membekali diri sejak dini dengan berbagai pengetahuan dan kemampuan, baik dibidang keterampilan maupun dibidang keilmuan.

“Untuk itu apapun peluang yang terbentang dihadapan adik-adik para mahasiswa, tentu tidak dapat diraih bila tidak dibarengi dengan kemampuan dan daya saing yang memadai seperti yang kami sebutkan tadi,” ujar Shabela.

Bupati Shabela juga mengingatkan para mahasiswa untuk terus menggali potensi dan mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan intra kampus yang ada di IAIN Takengon maupun kegiatan-kegiatan pendukung lainnya yang berada diluar lingkungan kampus (ekstra kampus).

“Dengan kemampuan yang melekat pada diri kita, tentunya seseorang akan memiliki nilai tawar atau sering disebut dengan daya saing untuk melakukan berbagai hal demi kepentingan masyarakat luas,” ingatnya.

Sebelum menutup materinya, Bupati Shabela menitip pesan kepada seluruh mahasiswa di Kabupaten Aceh Tengah, terutama mahasiswa Hukum Tata Negara IAIN Takengon untuk terus mengambil peran dalam pembangunan daerah dan tetap menjadi motor penggerak suara rakyat, dan menjadi mitra pemerintah menuju kearah yang lebih baik.

Selain Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, dalam Diksar yang mengangkat Tema “ Membawa mahasiswa Hukum Tata Negara IAIN Takengon menuju insan paham Pancasila” itu, turut menghadirkan pemateri/ nara sumber lainnya, diantarnya Plt. Bupati Bener Meriah, Dailami dan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo. (IMH/ProkopimAT)