Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, Asisten I Buka Rakor Sensus Penduduk 2020

61

Takengon – Menjelang Sensus Penduduk Tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Tengah menggelar Rapat Koordinasi yang dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah, Drs. H. Mursyid, M.Si bertempat di Gedung Operational Room Setdakab Aceh Tengah, Selasa (25/02).

Kepala BPS Kabupaten Aceh Tengah, Bahruddin, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk kemudahan dalam mekanisme pendataan Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS telah membuka satu portal online untuk mengisi data secara pribadi melalui laman http://sensus.bps.go.id dilakukan dalam dua tahap yaitu secara online dari tanggal 15 Februari – 13 Maret 2020 dan wawancara dari tanggal 1 – 30 Maret 2020.

“Nantinya setelah batas waktu pendaftaran tersebut berakhir, portal pengisian sensus secara online akan di tutup. Namun apabila ada penduduk yang belum melakukan pendataan secara online, maka BPS akan melakukan pendaftaran melalui tahap wawancara”, tambahnya.

“Agar pelaksanaan sensus penduduk ini dapat berjalan dengan lancar, maka BPS melakukan Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dengan harapan, melalui kegiatan ini nantinya para peserta dapat menjadi agen untuk menyampaikan kembali pada pegawai lainnya pada instansi masing-masing”, demikian lapornya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I, Drs. H. Mursyid, M.Si menyampaikan bahwa sensus penduduk pada tahun ini merupakan sensus penduduk secara online yang pertama diterapkan di Indonesia, jadi dalam pelaksanaannya membutuhkan kepedulian dari masyarakat untuk terlibat langsung.

“Sensus kali ini merupakan sensus online yang pertama kita terapkan, jadi masyarakat perlu diedukasi untuk terlibat langsung sebagai subjek dalam proses pengumpulan data, dimulai dari data pribadinya”, terang Mursyid.

Beliau juga menambahkan, Sensus Penduduk tahun 2020 kiranya dapat menjadi bentuk pengabdian untuk menghasilkan data kependudukan yang valid dan akurat, yang akan sangat diperlukan dalam penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan diberbagai bidang.

Di akhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada Peserta Rakor khususnya para pimpinan SKPK yang hadir pada acara tersebut untuk dapat mengajak siapa saja yang dikenal seperti rekan kerja sekantor, keluarga atau tetangga untuk dapat mengisi data diri secara online.

“Saya selaku Kepala Daerah menghimbau, setelah pulang dari Rapat Koordinasi ini ajak seluruh rekan kerja sekantor kita, dan tanya orang tua, saudara dan tetangga disekitar rumah kita sudahkan menyelesaikan SP Online? Ada kesulitan atau tidak? jika ada, segera bantu mereka, saya yakin jika masing-masing dari kita melakukan hal ini, pelaksanaan SP2020 akan berhasil”, tutupnya.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPK dan para Camat tersebut dilanjutkan dengan pengisian data mandiri secara online, yang dipandu dan didampingi secara langsung petugas dari BPS Kabupaten Aceh Tengah. (IMH/humas).