Meriah, Car Free Day Perdana di Kota Takengon Dibuka Pj. Bupati Aceh Tengah

389

Takengon – Kegiatan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kute Takengen Ke-446, sukses terlaksana, Minggu (29/01/2023).

CFD yang untuk pertama kalinya digelar di Kota Takengon ini, dipusatkan di ruas Jalan Yos Sudarso-Leube Kader, atau tepatnya mulai dari pintu utama Kantor Setdakab hingga persimpangan jalan Pendopo Bupati setempat.

Terlihat berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan CFD perdana itu. Mulai dari senam bersama, marching band, bazar UMKM dan pertunjukan seni serta kegiatan donor darah, yang pelaksanaannya dilaunching langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan.

Dalam sambutannya, T. Mirzuan menyebutkan bahwa tujuan utama dilaksanakannya kegiatan Car Free Day adalah dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap penggunaan kendaraan bermotor, dan membudayakan kebiasaan berjalan kaki.

Selain itu dikatakannya, pelaksanaan CFD dalam kesempatan ini juga sebagai upaya membangkitan ekonomi masyarakat dengan menghadirkan gerai dan dagangan kali lima sekaligus juga sebagai ajang promosi produk UMKM.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya kita semua bersama-sama berupaya membangkitkan kembali geliat ekonomi masyarakat dan memulai kegiatan aksi kepedulian terhadap lingkungan melalui hari bebas kendaraan bermotor,” ujar Mirzuan.

“Dan ini kita mulai, dalam momentum memperingati HUT Kute Takengen Ke-446 Tahun 2023,” sambungnya.

Lebih lanjut T. Mirzuan mengajak seluruh lapisan masyarakat dan berharap dukungan semua pihak terhadap kegiatan Car Free Day ini, sehingga dapat digelar secara rutin dan tidak hanya digelar pada peringatan hari-hari besar tertentu.

“Besar harapan kita, kedepannya untuk kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin baik dalam jangka waktu tertentu maupun peringatan-peringatan hari besar lainnya yang akan datang.” Pungkas Mirzuan. (RH-IMH/ProkopimAT)

X