Mirzuan Hadiri Rapat Pimpinan KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota se-Aceh

160

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT, menghadiri Rapat Pimpinan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dengan Pimpinan Kabupaten/ Kota Tahun 2023, di Hotel Parkside Petro Gayo Takengon, (25 /12/2023).

Rapat Pimpinan tersebut, dilakukan dalam rangka evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2023, dan rencana pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan bahwa, rapat pimpinan sangat penting dalam rangka mengkaji dan mengevaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu di Aceh, sekaligus merumuskan rencana pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilukada yang akan datang.

Seiring dengan semangat demokrasi yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Aceh, peranan KIP sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilihan umum menjadi semakin penting.

Ia melanjutkan, evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu yang telah berlangsung perlu dilakukan secara mendalam, agar dapat menemukan potensi perbaikan dan memastikan bahwa proses demokrasi berjalan sesuai dengan prinsip keadilan dan kebenaran.

”kami mengakui bahwa pemilihan umum adalah fondasi utama dalam membangun pemerintahan yang berkeadilan dan mewakili kehendak rakyat, oleh karena itu, evaluasi ini tidak hanya merupakan tugas KIP, namun juga tanggung jawab seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu,” ujar Mirzuan.

”dengan itu, kami mengajak seluruh komisioner KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota untuk secara aktif berkontribusi dalam mengidentifikasi potensi perbaikan serta menyusun rekomendasi untuk peningkatan pelaksanaan pemilihan umum mendatang,” tambahnya.

Rapat pimpinan ini juga menjadi forum yang tepat untuk membahas rencana pelaksanaan tahapan pemilu dan pemilukada tahun 2024, dengan memberikan dukungan untuk menjamim kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

“saya sebagai Penjabat Bupati Aceh Tengah, bersedia memberikan dukungan penuh kepada KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun depan,” ucap Mirzuan.

“partisipasi aktif masyarakat, pendidikan pemilih, serta pemantauan yang ketat terhadap tahapan Pemilu perlu diintensifkan guna memastikan bahwa setiap warga negara dapat berpartisipasi dengan adil dan merata,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya Mirzuan menyampaikan, rasa apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota atas dedikasi dan kerja keras yang telah ditunjukkan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

”kami ucapakan terima kasih banyak KIP Aceh dan KIP Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan rapat pimpina ini, semoga kita dapat bersinergi dan bekerja sama dengan baik untuk menghadirkan pemilu yang berkualitas dan dapat dipercaya oleh seluruh rakyat Aceh.” Tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X