Monitoring Evaluasi 10 Program PKK, Puan Ratna Kunjungi Dua Kecamatan

128

Takengon – Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna Menghadiri Acara Monitoring Evaluasi (Monev) Pembinaan dan Penilaian 10 Program Pokok PKK Kampung Kuala II dan Kampung Wakil Jalil Kecamatan Bintang Serta Kampung Binaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di kecamatan Lut Tawar bertempat di Kampung Waq Toweren, Sabtu (15/2).

Kunjungan itu dilakukan untuk memperkuat kinerja TP-PKK di tingkat kampung dalam wilayah kedua kecamatan tersebut, serta melakukan pembinaan dan penilaian terhadap pregoram pokok PKK Aceh Tengah, dalam rangka menjalankan tugas beliau selaku ketua TP-PKK kabupaten Aceh Tengah.

Menurut Puan Ratna, Program PKK di Kampung ini bukanlah hal yang baru karena sebelumnya sudah pernah di laksanakan, hanya saja namanya Gammawar (Gampong Mawaddah Warahmah).

Lebih lanjut, Ia mengatakan penilaian TP-PKK di tingkat kampung tersebut harus memenuhi kriteria yang ditentukan, seperti efektifitas dalam mengelola sistem administrasi lembaga PKK dalam mejalankan programnya dan tingkat keberhasilannya.

“Monitoring Evaluasi Pembinaan dan Penilaian 10 Program Pokok PKK di tiga Kampung tersebut merupakan salah satu program TP-PKK Kabupaten dalam rangka memberikan penilaian sejauh apa efektivitas peran PKK Kecamatan dalam membina PKK kampung” ujarnya.

Program yang direncanakan sejak awal telah dilaksanakan dengan baik oleh masing-masing PKK Kampung binaan, namun dalam pengadministrasian terkadang tidak dilaksanakan dengan baik, tentunya ini menjadi sebuah kendala untuk mengukur capaian program yang telah dilaksanakan selama ini, demikian disampaikan Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah.

“Selama ini masih ada kelemahan dalam melakukan administrasi kegiatan. Padahal ini menjadi acuan untuk melakukan evaluasi program yang telah dilaksanakan, untuk itu PKK Kabupaten telah melaksanakan pembinaan secara rutin, disamping melakukan pembinaan juga dilaksanakan evaluasi terkait dengan pelaksanaan program melalui evaluasi administrasi” tambah Puan.

Kelompok Dasawisma memperkuat kinerja mereka supaya lebih maksimal dengan tujuan agar memperkuat kelembagaan PKK dan memastikan bahwa program yang berjalan benar dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Sebelum menutup sambutannya, Puan menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten, membagi wilayah kelompok kerja (Pokja) menjadi empat kelompok yaitu pokja 1 terkait bidang keagamaan, hukum, anak dan remaja, KB, pola asuh anak, lansia dan kesejahteraan, pokja 2 pendidikan, keterampilan, perpustakaan dan koperasi, pokja 3 pemanfaatan pekarangan, gizi, industri dan sanitasi,
pokja 4 kesehatan, posyandu, dan pola hidup sehat, tutupnya. (HMA/Humas)