Nosar Berpotensi Menjadi Kawasan Pertanian dan Pariwisata

69

Takengon – Wilayah Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, khususnya Kemukiman Kampung Nosar memiliki potensi untuk menjadi kawasan pertanian dan pariwisata.

Betapa tidak, wilayah yang berada di bagian selatan Kota Takengon ini persis berdekatan dengan danau Lut Tawar yang memungkinkan sektor wisata dapat dikembangkan di wilayah ini.

Menelusuri kemukiman yang berpenduduk sekira 1.287 jiwa itu terlihat masih banyak lahan kosong yang dapat dimanfaatkan, baik untuk objek wisata maupun lahan pertanian.

Tidak berlebihan kiranya, jika Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menaruh harapan besar terhadap wilayah ini, menjadi satu kawasan maju dan berkembang.

“Harapan kita, kemukiman Nosar akan terus tumbuh menjadi kawasan maju, sekarang mulai terlihat,” ujarnya disela sambutan melantik Kasihandi sebagai mukim setempat, Kamis (14/2/2019).

Tak terpungkiri, hadirnya dermaga Bamil Nosar yang dibangun persis dibibir pantai Lut Tawar itu membuat daerah ini sedikit berdenyut.

Menurut salah seorang warga setempat, hampir saban hari wisatawan berkunjung ke objek wisata yang satu ini, “Hampir setiap hari, ada aja yang datang, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah,” sebut warga itu.

Bukan saja dermaga Bamil Nosar, dibagian tepi danau juga mulai terlihat tanaman bawang yang ditanam warga, membuat kawasan ini semakin asri dan indah.

Menurut Bupati Shabela, masyarakat setempat harus mampu memanfaatkan potensi dengan baik, sehingga dapat memberi nilai tambah ekonomi yang membawa kesejahteraan bersama.

“Pemerintah daerah akan terus berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat, seperti penyediaan bibit bawang dan pembangunan dermaga Bamil Nosar,” katanya.

Anggaran dana kampung juga diharapkan mendukung program pertanian dan kepariwisataan di Kemukiman nosar ini, tambah Shabela. [Mik]