Pastikan Pencegahan COVID 19 Berjalan, Shabela Tinjau Gugus Tugas dan Rumah Sakit

86

Takengon – Hari ini Senin, 23/03, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar meninjau sekretariat gugus tugas dan Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon. Hal ini dilakukan untuk memastikan situasi terkini tentang perkembangan pencegahan penyebaran covid 19 di Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Gugus Tugas Aceh Tengah, Drs. Ishak, dihadapan Bupati menyampaikan saat ini ada 4 (empat) orang dalam pemantauan (ODP). Dari jumlah tersebut satu orang sudah diijinkan pulang. Selain itu pihaknya menyatakan sudah melakukan pembersihan rumah sakit regional di Belang Bebangka yang disiapkan sebagai tempat isolasi.

Sementara itu Shabela meminta gugus tugas untuk terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar menyiapkan beberapa posko pemantauan di wilayah perbatasan.

“Kami sudah mengeluarkan surat kepada para Camat untuk bersama-sama dengan puskesmas dan para reje di wilayah masing-masing, memantau pendatang dan penduduk yang baru datang dari luar daerah agar tidak beraktifitas di luar rumah dan menghindari keramaian selama 14 (empat belas) hari ke depan” kata Shabela.

Hal ini menurut Shabela adalah sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID 19 di Aceh Tengah.

Selanjutnya saat meninjau RSUD Datu Beru, Shabela disambut oleh Direktur, dr. Hardi Yanis, Sp.PD dan beberapa staf. Kunjungan ke rumah sakit ini untuk memastikan semua tenaga medis memakai alat pelindung diri seperti masker dan ketersediaan hand sanitizer di setiap ruangan.

“Kami sudah membagikan masker bagi tenaga medis dan juga bagi pengunjung kita cek suhu tubuh memakai thermal gun” kata Hardi.

Saat berada di ruang tunggu poli, Shabela mendapati pengaturan jarak duduk antar pengunjung sudah diterapkan dan sempat mencoba alat pengukur suhu tubuh.

“Kami hanya mengingatkan agar tenaga medis memakai alat pelindung diri dan rajin mencuci tangan” tutup Shabela. (SN/Humas)