Peduli Korban Angin Puting Beliung Ketua TP-PKK Serahkan Bantuan

82

Takengon – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna mengunjungi korban bencana Angin Puting Beliung di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (29/08/2020).

Tidak hanya mengunjungi, Puan Ratna juga memberikan bantuan kepada korban Angin Puting Beliung yang berdampak di empat (4) Kampung dalam Kecamatan tersebut.

“Kegiatan ini merupakan aksi yang memang wajib kita laksanakan jikalau ada musibah datang. Intinya adalah rasa kepedulian sosial, dimana kita turut merasakan dampak dari apa yang dialami oleh saudara kita yang tertimpa musibah Angin Puting Beliung ini” kata Ketua TP-PKK saat bertatap muka bersama warga.

Berdasarkan data yang diterima dari posko gabungan BPBD dan Dinas Sosial Kabupataten Aceh Tengah ada sekitar 33 KK dan 130 jiwa yang terdampak bencana yang tersebar di empat Kampung tersebut. Angin Puting Beliung ini juga merusak fasilitas umum seperti kantor Reje dan Balai Desa tempat pertemuan warga.

Ketua Tim Penggerak PKK beserta rombongan menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada korban Angin Puting Beliung di Kecamatan Pegasing.

Tampak Ketua TP-PKK didampingi sejumlah pengurus TP-PKK Kabupaten, serta Ketua TP-PKK Kecamatan Pegasing yang turut hadir didampingi Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev. selaku Camat Pegasing.

“Saya atas nama Tim Penggerak PKK Kabupaten beserta seluruh pengurus dan anggota turut prihatin atas musibah yang menimpa masyarakat di beberapa kampung di Kecamatan Pegasing” lanjut Puan.

Kepada korban, Ketua Tim Penggerak PKK mengungkapkan kesedihannya dan turut mendo’akan agar korban bencana tetap bersabar dan tabah menghadapi cobaan tersebut.

Musibah Angin Puting Beliung yang terjadi pada Selasa sore, 25 Agustus 2020 masih menyisakan trauma dan kesedihan bagi para korban terdampak bencana.

Puan Ratna berharap masyarakat yang ditimpa musibah senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan kesabaran.

Bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian PKK Kabupaten kepada para korban, dia berharap bisa bermanfaat dan meringankan beban bagi korban bencana.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Sembako, yaitu Beras, Gula, Mie instan, Minyak Goreng dan juga disertakan bantuan berupa Kawat Berduri yang akan diberikan pada Jamilah (51) atau akrab disapa Mak Item, merupakan seorang janda warga Kampung Kayu Kul yang Kebun Nanasnya rusak disapu Angin Kencang dan dipastikan gagal panen karena ikut disapu Angin Puting Beliung beberapa hari yang lalu.

Bantuan yang diserahkan ketua TP-PKK Kabupaten secara simbolis diterima oleh Reje Kampung Belang Bebangka yang turut didampingi Camat Pegasing, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat terdampak.

“Insya Allah mudah-mudahan dapat membantu, kami berharap bisa dibagikan kepada yang layak mendapatkan, karena Bapak Camat dan Bapak Reje yang lebih tau seluruh data korbannya” lanjut Puan usai menyerahkan bantuan.

Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan sedikit beban yang dirasakan oleh warga akibat terpaan Angin Puting Beliung tersebut.

“Semoga apa yang kami serahkan hari ini bisa sedikit membantu. Jangan lihat dari jumlahnya, tapi ini adalah ketulusan kami ibu-ibu PKK” tutupnya.

Ditempat yang sama, Reje Kampung Belang Bebangka M. Arif menerima bantuan untuk korban bencana secara simbolis tersebut, mengungkapkan rasa terima kasih kepada TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah yang telah datang berkunjung dan menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat.

“Sekecil apapun bantuannya sangat bermanfaat bagi kami yang tertimpa musibah, do’a kan semua kami yang sedang diuji agar diberikan kesehatan, kekuatan dan kesabaran” katanya.

“Kemarin Pak Bupati dan Bapak Plt. Gubenur sudah datang mengunjungi kami dan melihat langsung kondisi yang ada. Sekarang ibu-ibu PKK yang datang. Terimakasih kami ucapkan atas bantuan dan perhatian ini. Semoga kedepannya musibah ini tidak terjadi lagi” tandasnya.

Kunjungan rombongan TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah tersebut mendapat sambutan yang hangat dari warga dan warga merasa terharu mendapat kunjungan tersebut.

Seperti diketahui, Angin Puting Beliung terjadi Selasa sore 25 Agustus 2020 lalu dan mengakibatkan kerusakan  rumah warga disejumlah Kampung di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah diantaranya Kampung Blang bebangka, Kampung Kayu Kul, Kampung Jurusen dan Kampung Kute Lintang. (HMA/Humas)