Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Gelar Rapat Terbatas kesiagaan Virus Corona (COVID-19)

41

Takengon – Sebagai salah satu upaya siaga mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) yang sudah masuk ke Indonesia, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan rapat terbatas, Jum’at (13/3/2020) di Ruang Rapat Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Karimansyah I, SE, MM, menginstruksikan kepada jajaran instansi kesehatan, dari mulai dinas, rumah sakit daerah hingga pelaksana wilayah kesehatan tingkat terendah untuk selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cegah tangkal dini dalam upaya mengantisipasi virus tersebut.

Karimansyah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak cemas dan panik dalam menyikapi hal ini, akan tetapi tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dan upaya pencegahan.

Karimansyah juga mengatakan Pemerintah untuk semua sektor sudah harus berupaya serius melakukan antisipasi pencegahan secara dini. 

“Untuk seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Tengah agar tidak cemas dan panik dalam menyikapi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Pemerintah sudah berupaya mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara hidup bersih, budayakan cuci tangan, menjaga imunitas tubuh agar tetap fit, dengan memberikan asupan gizi yang baik, pola makan seimbang dan istirahat yang cukup”, ujar Karimansyah. 

Beliau juga mengintruksikan kepada semua jajarannya agar berperan aktif tanggap waspada, akan penyebaran virus ini, pada pihak Dinas Kesehatan untuk mensosialisasikan tahapan pencegahannya, memantau ketersediaan masker baik di dinas kesehatan sendiri, di pasar, supermarket dan apotek yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Bagi masyarakat dihimbau untuk tidak panik berlebihan dengan memborong masker, masker hanya digunakan untuk warga yang memang sudah terkena, suspect atau gejala sakit lainnya”, tambahnya.

Dalam rapat terbatas ini Sekda Aceh Tengah juga menghimbau kepada semua pihak dan seluruh jajaran dibawah Pemerintahan Kabupaten Aceh Tengah untuk melakukan upaya maksimal terhadap Covid-19 sesuai dengan peran dan wewenangnya masing masing.

Disampaikan Direktur RSUD Datu beru dr. Hardi Yanis, Sp. PD yang turut serta hadir dalam rapat tersebut bahwa RSUD Datu Beru Takengon telah menyiapkan Ruang Isolasi sebagai Antisipasi penanganan pasien suspect virus Corona, tinggal melengkapi peralatan, sarana tim medis dan SOP saja.

Rapat ini dihadiri Oleh Asisten Ekonomi pembangunan, Direktur RSUD Datu Beru, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BPBD, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Transnaker dan sejumlah perwakilan satuan perangkat kerja lainnya. (HMA/HUMAS)