Pemkab Aceh Tengah Gelar Pembinaan Program Bangga Kencana Bagi Penyuluh KB Kampung

35

Takengon – Guna mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar pertemuan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA) bagi Penyuluh KB Kampung di Kabupaten Aceh Tengah, bertempat di Gedung Ummi Takengon, Kamis (18/06).

Acara yang dihadiri oleh 80 orang peserta ibu-ibu kader Penyuluh KB Kampung dari 2 (dua) kecamatan itu, dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Puan Ratna dengan menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bupati Shabela dalam sambutannya mengatakan bahwa, dalam rangka peningkatan kualitas penduduk dan penekanan angka kelahiran yang terkendali, dibutuhkan peran serta semua pihak terutama Penyuluh KB Kampung.

Dia menyebut peran Penyuluh KB Kampung merupakan garda terdepan dalam mengajak dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya bagi Pasangan Usia Subur (PUS) agar mau menggunakan alat kontrasepsi yang efektif, rasional dan ideal sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga dan mengatur jarak kelahiran, sehingga tercapai kualitas hidup keluarga yang bahagia.

“Kita semua harus dapat mengambil peran dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Dalam hal ini, para Penyuluh KB tentu saja harus yang paling aktif untuk menyampaikan program-program KB kepada masyarakat” ajak Shabela.

“Jadi ibu-ibu para Penyuluh KB Kampung, harus mampu memberikan wawasan terkait program keluarga berencana, sehingga tercipta kesadaran masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas” tambahnya.

Untuk itu dia berharap, pengelolaan program KB harus semakin ditingkatkan, misalnya dengan memperkuat kualitas SDM Penyuluh KB Kampung, sehingga program-program keluarga berkualitas dapat terwujud ditengah-tengah masyarakat.

Dia juga berpesan agar para Penyuluh KB Kampung tetap bersemangat dan memegang teguh loyalitas, dedikasi, disiplin dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk mensukseskan program BANGGA KENCANA di Kabupaten Aceh Tengah. (IMH/Humas)