Pemkab Aceh Tengah Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022

263

Takengon – Pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah, melalui Dinas Sosial Aceh Tengah menggelar Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 untuk tingkat Kabupaten, mengambil tempat di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Kamis (10/11/2022).

Dengan mengusung tema, “Pahlawanku Teladanku” peringatan hari Pahlawan di Aceh Tengah kali ini mempercayakan, Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf, Kurniawan Agung Sancoyo, sebagai pembina upacara, yang berlangsung dengan tertib dan lancar dengan keikut sertaan beragam elemen masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam kesempatan tersebut membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI menyampaikan beberapa pesan, diantaranya bahwa seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Selanjutnya, bahwa Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema “Semangat Pahlawan di dadaku”. Mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

 Selain itu, peringatan hari pahlawan harus bisa melahirkan ide dan gagasan menstransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

“Dari Aceh hingga Papua, Kita melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat di mana pun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih ketrampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi”, Ucap Dandim 0106 Aceh Tengah.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para Pejuang Muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa. bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta. Mari kita merajut kesejahteraan, menjadi Pahlawan Bangsa di Masa Depan”, lanjutnya dalam upacara yang turut dihadiri jajaran Forkopimda, kepala Perangkat Daerah, para Veteran, dan hadirin dan tamu undangan lainnya tersebut.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah”, Imbuh Letkol Inf, Kurniawan Agung Sancoyo.

“Pahlawan akan menjadi teladan bagi mengarungi masa-masa penuh kita tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi Pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022”, Pungkasnya mengakhiri amanat Tertulis Menteri Sosial RI,Tri Rismaharini.

Dalam kesempatan yang sama petugas upacara turut mengumandangkan pesan-pesan Pahlawan Nasional, diantaranya, Tjut Nyak Dien, “Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan”

Pesan Pahlawan Nasional Prof. Moh. Yamin, SH, “Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri”.

Pesan Pahlawan Nasional Ir. Soekarno, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia.” dan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” serta “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”, pesannya sebagaimana di sampaikan pada Pidato HUT Proklamasi 1963.

Dan terakhir Pesan Pahlawan Nasional Bung Tomo, “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga”, demikian penggalan Pidato Bung Tomo di radio pada saat pertempuran menghadapi Inggris di Surabaya bulan November 1945 silam.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan, penyerahan secara simbolis bingkisan dan sembako bagi para Veteran, yang diserahkan langsung oleh Jajaran Unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X