Pemkab Aceh Tengah Jajaki Kerjasama Penanaman Tembakau dengan PT Mitra Tata Usaha

103

Takengon – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah menjajaki kerjasama penanaman tembakau dengan PT Mitra Tata Usaha Bersama, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Pertemuan hari ini adalah tindak lanjut dari kunjungan kami ke Kabupaten Karo bulan September tahun lalu untuk melihat langsung lahan pertanian tembakau disana. Hari ini pihak PT Mitra Tata Usaha Bersama akan melihat langsung lahan pertanian dan mendata daerah-daerah yang cocok ditanami tembakau,” ujar Shabela usai memimpin rapat dengan pihak PT Mitra Tata Usaha Bersama dan dinas terkait di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019).

Menurut Shabela kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Aceh Tengah dengan PT Mitra Tata Usaha Bersama.

“Kita harapkan melalui kerjasama ini tanaman tembakau dapat kita kembangkan di Aceh Tengah,” tambahnya.

Disampaikan nantinya petani juga akan mendapat pelatihan, mulai dari pemilihan benih, cara menanam hingga panen, sehingga menghasilkan tembakau yang berkualitas.

Tembakau yang akan dikembangkanpun beragam, seperti jenis tembakau white burley dan jenis virginia.

Diakui Shabela, selama ini petani di Aceh Tengah kurang berminat untuk mengembangkan tembakau, masyarakat lebih memilih tanaman kopi dan palawija.

“Padahal pada tahun 70-an kita banyak mengenal petani tembakau yang sukses di daerah ini,” sambung Shabela.

Lebih lanjut Shabela mengatakan melalui kerjasama sama tersebut diharapkan petani di Aceh Tengah kembali berminat untuk menanam tembakau.

“Kita manfaatkan lahan yang ada, terutama lahan persawahan yang hanya panen sekali dalam setahun. Pasca panen dapat digunakan untuk menanam tembakau, sehingga pendapatan petani dapat lebih meningkat,”’tutup Shabela. [Mik]