Pemkab Aceh Tengah Launching Cadangan Beras, Mirzuan : Langkah Konkrit Dalam Upaya Mengendalikan Inflasi

130

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, menghadiri Launching Cadangan Beras Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2024 melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) KCP Takengon yang bertujuan untuk mengatasi potensi krisis pangan, bertempat di Kantor Pos Takengon, Senin (29/01/2024).

Pada Kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyalurkan bantuan beras kepada 17.696 Kartu Keluarga (KK) dengan setiap keluarga menerima alokasi sebesar 10 kg beras. Langkah strategi ini diambil untuk memastikan ketersediaan beras bagi masyarakat Aceh Tengah mulai Januari hingga Juni 2024, dengan memberikan bantuan beras kepada keluarga kurang mampu, yang diharapkan dapat memberikan jaminan pangan yang cukup selama semester pertama tahun 2024.

Tujuan utama dari Launching cadangan beras ialah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan, sekaligus sebagai upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, menanggani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan sebagai bentuk pengendalian inflasi.

Melalui sambutan, Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, Launching cadangan beras di Kabupaten Aceh Tengah dilakukan untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat sekaligus sebagai langkah konkrit dalam upaya mengendalikan tingkat inflasi, dengan memastikan ketersediaan bahan pokok seperti beras dapat tercukupi.

“Program cadangan beras ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, terutama yang berada di tingkat ekonomi rendah, dengan harapan bantuan ini dapat memberikan dampak positif dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat di Aceh Tengah,” ujar Mirzuan.

”pemberian bantuan beras ini bukan hanya sekadar respons terhadap potensi krisis pangan, tetapi juga merupakan langkah konkrit dalam upaya mengendalikan inflasi dengan memastikan ketersediaan bahan pokok seperti beras dapat tercukupi, sekaligus bentuk perhatian pemerintah kepada masyrakat,” lanjutnya.

Kemudian, Mirzuan menekankan pentingnya program ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan pemerintah kepada masyarakat Aceh Tengah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, yang mana dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Aceh Tengah.

”kami selaku Pemkab Aceh Tengah, memiliki komitmen dalam menyediakan kebutuhan dasar bagi masyarakat Aceh Tengah, terutama beras sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

”semoga dengan adanya bantuan pangan beras ini, masyarakat yang menjadi penerima dapat terbantu dan harga beras khususnya di kabupaten Aceh Tengah, dalam memenuhi kebutuhan dasar dan utama bagi manusia yang harus senantiasa tersedia secara cukup, aman, bergizi, beragam, dan terjangkau.” tutup Mirzuan. (QAF/ProkopimAT)

X